Peranan Generasi Muda Terhadap Bangsa dan Negara

Tanggal: 25 Apr 2018 00:32 wib.
Peranan Generasi Muda Terhadap Bangsa dan Negara

Dalam  sejarah perjalanan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan dari para penjajah, akan memperlihatkan tentang betapa pentingnya peranan generasi muda pada saat itu. pertanyaannya, apa peranan generasi muda saat ini untuk tetap mempertahankan bangsa Indonesia sebagai negara merdeka dan apa yang peranannya dalam mewujudkan pembangunan bangsa yang adil dan makmur? Di bawah ini merupakan pernan generasi muda terhadap NKRI yang tercinta ini:

Menjaga Kebhinekaan Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika mengandung makna “berbeda-beda tetapi tetap satu.” Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Maksudnya,  walaupun kita berbeda suku, budaya maupun agama kita tetap satu, kita harus tetap saling menghargai sesama. Sebagai generasi muda yang memiliki kecerdasan dan intelek yang modern bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara semboyan bangsa dan negara.

Menjaga keutuhan NKRI

Generasi muda adalah pribadi yang memiliki kekuatan dan kemampuan yang dapat diandalkan dalam menjaga keutuhan NKRI. Keutuhan NKRI dapat tetap terjaga ketika generasi muda mampu menjadikan dirinya sebagai laskar terdepan dalam menghargai dan menjaga nilai-nilai kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia sesuai dasar negara dan UUD yang berlaku.

Ikut serta dalam mewujudkan pendidikan berkualitas

Pendidikan merupakan unsur penting yang harus dikembangkan secara terus menerus agar generasi bangsa terbebas dari kebodohan. Melalui pendidikan generasi bangsa mampu menjaga dan memajukan bangsa melalui kecerdasan dan intelektual yang dimiliki.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved