Pastikan Anak Anda Sarapan Setiap Hari!

Tanggal: 22 Agu 2017 09:24 wib.
Sebuah penelitian oleh para peneliti di King's College London telah menemukan bahwa anak-anak yang melewatkan sarapan secara teratur mungkin tidak mendapatkani nutrisi penting harian untuk pertumbuhan dan perkembangan yang direkomendasikan.

Anak-anak yang makan sarapan setiap hari dianggap memiliki profil gizi lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Anak-anak ini ditemukan memiliki asupan nutrisi utama yang lebih tinggi seperti folat (penting untuk pengembangan materi genetik), kalsium, zat besi dan yodium (kunci dalam pengembangan fungsi tiroid) daripada anak-anak yang melewatkan sarapan.

Tim peneliti menggunakan buku harian makanan yang dikumpulkan untuk program Rolling Diet dan Nutrisi Nasional antara tahun 2008 dan 2012 dari kelompok 802 anak usia 4 - 10 tahun dan 884 anak berusia 11 - 18 tahun. Asupan gizi dinilai dengan menggunakan data food composition dari Departemen Kesehatan. Sarapan diasumsikan sebagai konsumsi makanan yang lebih dari 100 kalori antara 6 dan 9 pagi.

Temuan utama meliputi:

31,5 persen dari mereka yang melewatkan sarapan tidak memenuhi asupan gizi yang direkomendasikan, sedangkan hanya 4,4 persen dari anak-anak yang mengkonsumsi sarapan yang tidak memenuhi standar tersebut.

19 persen tidak memenuhi standar yang direkomendasikan untuk kalsium, sedangkan hanya 2,9 persen dari anak-anak yang mengkonsumsi sarapan pagi yang tidak memenuhi standar tersebut.

21,5 persen tidak memenuhi tingkat yang lebih rendah untuk yodium, sedangkan hanya 3,3 persen sarapan yang dikonsumsi anak-anak yang tidak memenuhi standar tersebut.

7,3 persen dari mereka yang melewatkan sarapan pagi memiliki asupan folat di bawah standar yang direkomendasikan, dan tidak ada anak yang mengonsumsi sarapan yang memiliki asupan folat di bawah standar

Dr Gerda Pot, penulis senior studi dan Dosen Ilmu Nutrisi di King's College London mengatakan: 'Penelitian ini memberi bukti bahwa sarapan adalah kunci bagi orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved