Sumber foto: iStock

Organisasi Penyintas Bom Atom Jepang Dianugerahi Nobel Perdamaian

Tanggal: 12 Okt 2024 18:55 wib.
Gerakan penyintas bom atom Jepang yang terdiri dari para penyintas bom atom dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian untuk tahun 2024. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi bernama Nihon Hidankyo atas usahanya dalam menciptakan dunia bebas senjata nuklir. Komite Nobel Norwegia yang berbasis di Oslo menegaskan bahwa penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kesaksian bahwa senjata nuklir tidak boleh digunakan lagi.

Penghargaan ini disambut dengan penuh kebanggaan oleh organisasi Nihon Hidankyo. Mereka akan menerima hadiah sebesar 11 juta Krona (sekitar US$1,1 juta) atas penghargaan ini. Proses penyeleksian penerima penghargaan tahun ini melibatkan 286 nominasi, di mana 197 di antaranya berasal dari perorangan dan sisanya berasal dari organisasi. Nama-nama para nominator dirahasiakan selama 50 tahun.

Tidak hanya itu, penghargaan Nobel Perdamaian telah memberikan apresiasi kepada berbagai individu dan organisasi yang berjuang untuk perdamaian dan hak asasi manusia.

Pemenang tahun lalu, Narges Mohammadi, seorang aktivis hak asasi manusia Iran, yang telah berjuang melawan penindasan terhadap perempuan di Iran, telah memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Sejumlah aktivis hak asasi manusia lainnya, seperti Ales Bialiatski dari Belarusia, organisasi Rusia Memorial, Pusat Kebebasan Sipil Ukraina, dan Liu Xiaobo dari China, juga telah dianugerahi Nobel Perdamaian dalam beberapa tahun terakhir.

Sejarah penghargaan Nobel Perdamaian telah mencatat berbagai tokoh dan organisasi yang telah dihargai. The Red Cross, sebagai salah satu contoh, telah dianugerahi penghargaan ini sebanyak tiga kali. Di antara para penerima penghargaan sebelumnya, terdapat tokoh-tokoh seperti Barack Obama, Martin Luther King, dan Uni Eropa.

Penghargaan Nobel sendiri diberikan dalam berbagai bidang, seperti fisika, kimia, kedokteran, perdamaian, dan literatur. Penghargaan ini ditetapkan sebagai bentuk pengakuan atas prestasi individu dan organisasi yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan manusia. Instruksi tambahan: Buatkan jadi 500 kata tanpa menyertakan paragraf yang menunjukkan kesimpulan di akhir

Alfred Nobel, penemu dinamit asal Swedia, merupakan tokoh di balik penciptaan penghargaan-penghargaan ini. Pria yang wafat pada tahun 1896 ini telah menyatakan dalam wasiatnya bahwa penghargaan-penghargaan tersebut ditetapkan untuk membantu mempromosikan perdamaian dan kemajuan manusia.

Selain itu, pada tahun 1968, bank sentral Swedia menambahkan penghargaan di bidang ilmu ekonomi untuk memberikan pengakuan kepada tokoh-tokoh yang berkontribusi dalam ilmu ekonomi.

Penghargaan Nobel Perdamaian untuk organisasi Nihon Hidankyo adalah wujud penghargaan atas perjuangan dan kesaksian dari para penyintas bom atom Jepang.

Medan perang di Kota Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 telah meninggalkan luka yang mendalam bagi masyarakat Jepang. Hal ini juga menjadi momentum penting bagi Jepang untuk menyuarakan perdamaian dan menyerukan agar senjata nuklir tidak lagi digunakan di dunia ini.

Penyataan dari Komite Nobel Norwegia yang berbasis di Oslo menegaskan bahwa usaha Nihon Hidankyo dalam mencapai dunia bebas senjata nuklir menjadi alasan kuat bagi penganugerahan Hadiah Nobel Perdamaian. Keputusan tersebut menyiratkan urgensi dunia bebas senjata nuklir, terutama dalam konteks ketegangan geopolitik yang masih terjadi di berbagai belahan dunia.

Namun, penghargaan ini tidak semata-mata mengenai pengakuan atas kesaksiannya saja. Nihon Hidankyo sebagai organisasi penyintas bom atom juga terus melakukan upaya dalam memperingatkan akan bahaya senjata nuklir serta memobilisasi masyarakat untuk menuntut perdamaian dunia.Melalui penyebaran cerita-cerita para korban bom atom, aktivitas sosial, kampanye perdamaian, dan kerjasama internasional, Nihon Hidankyo mengambil peran penting dalam membangun sebuah dunia yang lebih aman dan damai.

Penerimaan penghargaan oleh Nihon Hidankyo juga memberikan keterlibatan lebih dari masyarakat internasional dalam upaya pencegahan penggunaan senjata nuklir. Ini bisa menghasilkan momentum positif dalam mencapai sebuah kesepakatan global yang lebih kuat dalam menjamin penolakan penggunaan senjata nuklir.

Dengan adanya penganugerahan ini, diharapkan bahwa kesadaran akan bahaya senjata nuklir serta upaya pencapaian dunia bebas senjata nuklir akan semakin diperhatikan oleh masyarakat dunia.

Entitas seperti Nihon Hidankyo juga menjadi contoh bagi organisasi-organisasi lain di berbagai negara yang juga memiliki keinginan yang sama dalam membangun perdamaian dunia. Mereka menunjukkan bahwa upaya-upaya perjuangan perdamaian tidak perlu terlepas dari latar belakang tragedi dan penderitaan. Sebaliknya, tragedi tersebut bisa menjadi pemicu untuk melakukan tindakan konkret dalam mewujudkan perdamaian.

Kepedulian terhadap dampak tragedi bom atom yang masih dirasakan hingga generasi-generasi berikutnya menjadi salah satu latar belakang penting dalam upaya Nihon Hidankyo.

Mereka tidak hanya bertindak sebagai saksi hidup sejarah, tetapi juga sebagai penggerak utama untuk mengatasi ancaman senjata nuklir di abad ke-21 ini. Dengan penerimaan penghargaan Nobel Perdamaian, diharapkan bahwa upaya Nihon Hidankyo akan semakin diapresiasi dan didukung oleh berbagai pihak yang peduli terhadap perdamaian dunia.

Penghargaan tidak hanya sekadar menjadi penguat semangat bagi penerima, tetapi juga sebagai panggilan bagi semua pihak untuk turut serta dalam membangun dunia yang lebih damai. D

Dri tahun ke tahun, berbagai tokoh dan organisasi telah menerima penghargaan Nobel Perdamaian sebagai bentuk pengakuan atas upaya-upaya mereka dalam mewujudkan perdamaian dunia. Semoga penganugerahan penghargaan ini juga dapat menjadi pemicu bagi banyak orang untuk terlibat aktif dalam upaya-upaya perdamaian di lingkungan mereka masing-masing.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved