Miliki Hati Untuk Kesukarelaan

Tanggal: 10 Okt 2017 17:52 wib.
Kita semua ingin menjadi lebih sehat dan merasa lebih baik. Mendedikasikan waktu kita untuk membantu orang lain dapat memberikan banyak manfaat kesehatan mental dan fisik. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa relawan dapat menikmati hubungan yang lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, dan kepuasan hidup keseluruhan yang lebih tinggi.

Bagaimana jika kunci menuju hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat itu sederhana dan mudah tersedia bagi semua orang? Tentu, makan dengan baik dan tetap aktif secara fisik sangat penting. Tapi tindakan sederhana untuk melakukan sesuatu terhadap orang lain juga dapat berdampak positif dan berkelanjutan terhadap kesehatan Anda sendiri-termasuk kesehatan jantung Anda.

Apakah hatimu baik

Sementara relawan adalah pencarian yang layak dengan sendirinya, tidak ada salahnya mengetahui bahwa manfaatnya kembali kepada Anda dalam banyak hal, termasuk kesehatan jantung Anda sendiri. Periset baru-baru ini menemukan korelasi kuat antara relawan dan penurunan risiko tekanan darah tinggi.

Studi oleh para ilmuwan di Carnegie Mellon University di AS melacak lebih dari 1.100 orang dewasa selama periode empat tahun untuk menentukan efek kesukarelaan terhadap tekanan darah dan berbagai faktor sosial dan psikologis mereka. Mereka menemukan bahwa mereka yang melaporkan setidaknya 200 jam kerja sukarela per tahun 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan hipertensi daripada mereka yang tidak menjadi sukarelawan.

Membantu Anda merasa lebih baik

Kesukarelawanan memainkan peran penting dalam gaya hidup sehat-orang yang sukarela cenderung merasa lebih baik dan lebih mengendalikan kesehatan mereka. Dalam sebuah penelitian, lebih dari 75 persen orang yang mengajukan diri menunjukkan bahwa relawan membuat mereka merasa lebih baik secara fisik dan bahwa mereka merasa kesehatan mereka meningkat dari tahun sebelumnya.

Relawan lebih cenderung mencari informasi tentang kesehatan mereka, membuat mereka lebih banyak terlibat dengan pasien. Relawan dengan masalah kesehatan kronis lebih mampu mengelola penyakit mereka dengan tetap aktif dan menjaga pikiran mereka tetap fokus pada tugas lainnya.

Membantu mengatur stres

Efek negatif dari stres terhadap kesehatan mental kita sudah diketahui. Manfaat kesehatan dari relawan termasuk membantu mengurangi stres sekaligus meningkatkan harga diri dan kepuasan hidup. Dinas Kesehatan Nasional Inggris merekomendasikan pemberian kembali kepada masyarakat sebagai satu dari lima langkah menuju kesejahteraan mental.

Selain menurunkan tingkat stres, sukarelawan melaporkan suasana hati yang membaik dan rasa tujuan yang diperkaya. Relawan lebih cenderung melaporkan perasaan tenang dan damai, dan mereka mendapat nilai lebih tinggi dalam berbagai ukuran kesejahteraan emosional, termasuk kemandirian pribadi, kapasitas untuk hubungan interpersonal yang kaya, dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

Cerita saya sendiri

Saya telah mengalami manfaat ini sendiri. Beberapa tahun yang lalu, saya mengembangkan masalah kesehatan setelah komplikasi dari operasi, yang mengakibatkan episode sporadis nyeri yang menyiksa, berjam-jam pada suatu waktu. Sementara saya kecewa dan frustrasi dengan situasi saya, relawan di dewan direksi untuk sebuah organisasi masyarakat membantu mengalihkan perhatian saya dari tantangan pribadi saya. Selama musim panas pertama saya sebagai kepala komite penggalangan dana, saya dapat memfokuskan kembali energi saya ke cara baru untuk mendorong pendanaan bagi organisasi.

Saya menemukan cara untuk mengatasi masalah saya sambil mendukung komunitas saya, bahkan menghadiri pertemuan dewan melalui panggilan konferensi sambil menderita episode rasa sakit ringan. Rekan-rekan relawan saya sangat mendukung, dan mendengar suara mereka yang prihatin melalui telepon ini sangat menghibur saya. Menghabiskan waktu dengan sekelompok orang yang terlibat dan berenergi mengilhami saya untuk tetap bersikap positif dan aktif, sekaligus menghargai semua hal baik dalam hidup saya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved