Mertua….? Takut…? Tenang atasi Dengan Ini

Tanggal: 1 Nov 2017 11:45 wib.
Tampang.com - Menikah adalah suatu kewajiban dan kebahagiaan yang tiada tara apabila kita menikah dengan pilihan kita seseorang yang kita sayangi. Namun kadang rasa cinta dan sayang itu sedikit hilang secara perlahan setelah kita memasuki kehidupan pernikahan. Dimana kita harus adaptasi denga ipar dan mertua yang kadang kita tidak bisa untuk memedam emosi kita, ego masih tinggi karena memang kadang memahami seuatu yang baru kita kenal butuh proses. Apalagi kalau mertua orang Jawa atau beda adat dengan kita hadueh parah deh kadang kita gak tahu bahasanya.

Nah untuk mengatasi rasa terebut supaya hubungan kalian bersama mertua baik-baik saja nih ada sedikit bocorn guys, ya sapa tahu bisa lah buat kalian merasa nyaman.

1. Ketahui sapaan dasar



Bagi anak muda yang biasa hidup di kota besar, kata sapaan “aku” dan “kamu” memang dianggap sopan dan biasa saja, tapi jangan sekali-kali lontarkan dua sapaan ini di depan keluarga si dia yang berasal dari Jawa. Dua kata tersebut dinilai kasar bagi orang-orang yang sangat menjunjung tinggi tata krama Jawa. Gantilah kata “aku” menjadi “saya” dan kata “kamu” dengan sapaan yang disesuaikan dengan orangnya, seperti “Mas”, “Mbak”, “Mbah” 

2. Pelajari budayanya

 Demi menjadi calon menantu yang baik, nggak ada salahnya untuk banyak membaca kebiasaan hingga sifat orang dari daerah tersebut. Bukan hanya membiasakan diri untuk tersenyum, ramah dan penurut, tapi kamu juga harus mulai membiasakan diri untuk ringan tangan, misal seperti membantu ibu atau saudaranya memasak di dapur.

3. Berpikir sebelum berkata



Jika kamu nggak sengaja melakukan kesalahan atau mengatakan sesuatu yang kurang pas, mungkin mereka tetap akan bersikap halus padamu. Namun diam-diam mereka menilai, apakah kamu layak untuk menjadi pendamping hidup anaknya kelak atau nggak. Maka dari itu, nggak ada salahnya untuk memikirkan apa yang ingin kamu ucapkan terlebih dahulu. Berbeda lagi dengan karakter orang Jawa Timur yang lebih spontan dalam berucap, sehingga mungkin kamu harus belajar untuk nggak mudah baper kalau mendapat nasihat langsung dari mereka.

4. Belajar memasak masakan daerahnya



ika selama ini kamu hobi memasak hidangan Barat atau makanan yang Instagram-able, coba deh belajar untuk memasak hidangan daerah keluarga pacar. . Jangan sungkan untuk meminta resep dari ibu atau saudara perempuannya. Mereka akan menilai kalau kamu ada keinginan untuk membuat mereka terkesan.

5. Menerima apa adanya

Jangan kaget kalau suatu hari nanti kamu diajak mengunjungi rumah orangtua si dia dan kondisinya sangat sederhana. Bukan hanya dari sisi materi, kamu juga tentu diminta untuk menerima calon suamimu nanti apa adanya. namun faktanya inilah salah satu kunci untuk membuat keluarga pacar yang berasal dari Jawa kagum padamu.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved