Mengenal Kekayan Alam Indonesia: 4 Jenis Tanaman Asli Indonesia

Tanggal: 14 Jun 2018 20:58 wib.
Mengenal Kekayan Alam Indonesia: 4 Jenis Tanaman Asli Indonesia



 

Indonesia terkenal memiliki hutan tropis yang cukup luas dan menyimpan banyak kekayaan. Salah satu kekayaan yang ada di hutan Indonesia adalah keberagaman flora yang ada didalamnya.

Banyaknya tanaman yang ada di Indonesia sebagian besar adalah tanaman asli yang hanya tumbuh di tanah Indonesia. Berikut jenis tanaman asli Indonesia.

 

1. Durian (Durio Zibethinus)

Pusat pohon durian berada di pulau Kalimantan. Karena pada pulau Kalimantan sajalah berbagai macam buah durian dapat ditemukan. Walaupun didaerah luar Kalimantan banyak juga terdapat pohon durian, tapi tetap saja tidak semelimpah banyaknya di pulau Kalimantan.

 

2. Damar (Kopal Keruling/ Agathis Labillardien)

Tanaman ini berasal dari Papua dan salah satu pohon yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini tingginya bisa mencapai 60 meter dan berdiameter sampai 2 meter. Bagian damar yang biasanya digunakan adalah getahnya yang menjadi bahan baku beberapa industry.

 

3. Enau  (Arenga Pinnata)

Dikenal juga dengan pohon aren. Tanaman ini adalah tanaman serba guna. Dengan tinggi yang dapat mencapai 20 an meter dan berdiameter hampir 50 centimeter, tanaman ini adalah tanaman yang serba guna. Pelepah daun tanaman ini bisa digunakan sebagai ijuk. Dan hasil hasil utama yang diambil dari tanamanan ini adalah gula nya. Karena tanaman ini adalah tanaman penghasil gula.

 

4. Cendana

Cendana atau Santalum Album L adalah tanaman khas yang tumbuh di Pulau Timor dan Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Konon karena pohon cendana inilah pulau Sumba kemudian mendapatkan julukan sebagai Sandalwood Island.

Sejak perang dunia pertama India sudah memasarkan minyak cendana ke Eropa, dengan membelinya terlebih dahulu dari pulau Timor, karena hanya pulauTimor saja yang menghasilkan kayu cendana.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved