Mengenal Jenis Kain Printing dan Kelebihannya

Tanggal: 19 Apr 2022 22:35 wib.
Bagi kamu yang bergerak di bisnis tekstil, pasti sudah tidak asing lagi dengan kain printing. Bahan kain print ini umumnya dipakai untuk berbagai jenis pakaian dengan corak fashionable dan unik. Sekarang ada banyak sekali produk fashion yang menggunakan bahan dasar kain printing ini, salah satunya produk hijab printing. Proses dari printing ini bisa dikatakan mirip dengan sablon.

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan kain mentah terlebih dulu sebelum masuk proses cetak. Perbedaan cara pembuatan kain celup dan printing sebenarnya hanya dari mesin yang digunakan saja. Pada layanan jasa printing kain digital pada umumnya menggunakan mesin yang jauh lebih canggih dan ukurannya pun besar. Sedangkan untuk proses pembuatannya, kain celup dan printing hampir sama.

Sebagaimana yang telah kamu ketahui, kain print dibuat dari kain mentah yang melalui proses pencetakan. Nah, kain yang bisa dibuat printing memang banyak macamnya. Akan tetapi, tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk printing. Untuk itu, ketahui beberapa jenis kain printing berikut ini :

Printing Kanvas Poly

Jenis kain printing yang pertama yaitu kanvas poly. Printing kanvas poly merupakan kain cetak yang dibuat dengan tekstur sangat kuat dan berserat tebal. Kain tersebut memiliki tekstur sedikit kasar dan kaku. Oleh karena itu, printing kanvas poly cocok digunakan untuk membuat tas dan sepatu.

Printing Kanvas Premium

Kanvas premium memiliki ketebalan yang cukup baik. Oleh sebab itu, kain ini sering melalui proses printing supaya menghasilkan kain dengan tampilan yang lebih menarik. Seperti halnya kanvas poly, jenis premium ini juga sering digunakan untuk membuat dompet, tas dan sepatu.

Printing Satin Tafetta

Jenis printing selanjutnya terbuat dari satin tafetta. Kain tersebut memiliki permukaan mengkilap dan sedikit kaku. Printing satin tafetta biasanya digunakan untuk membuat gaun atau dress wanita. Sedangkan untuk jenis satin yang lebih berat, kamu bisa menggunakannya sebagai hiasan dinding.

Printing Jersey

Selain ketiga jenis di atas, jersey juga bisa digunakan sebagai kain print. Kain jersey biasanya digunakan sebagai bahan kostum olahraga seperti voli, sepak bola, basket sampai tenis meja. Selain karena teksturnya yang padat dan lentur, jersey juga terbuat dari campuran polyester dan mikrofiber.

Produksi tekstil yang berupa kain printing saat ini tengah mengalami kemajuan cukup pesat. Hal tersebut tidak lain juga karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki kain print. Berikut ini akan adalah beberapa kelebihan dari kain tersebut.


Memiliki Kualitas Tinggi


Di pasaran, kain print memiliki peminat yang cukup banyak karena kain tersebut kualitasnya sangat tinggi. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena kain ini diproses dengan penyetakan yang tentunya menghasilkan warna motif yang lebih cerah dan tajam.


Motif Lebih Simetris dan Rapi


Digital printing yang dilakukan pada proses pembuatan kain tersebut telah menghasilkan motif yang sangat simetris. Oleh karena itu, kain print terlihat lebih rapi jika dibandingkan dengan kain jenis lainnya.


Memiliki Tekstur yang Ringan


Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa tidak semua kain bisa digunakan dalam proses printing. Akan tetapi, jenis-jenis kain yang bisa digunakan pada proses printing umumnya memiliki tekstur yang ringan. Oleh sebab itu, hasil dari kain print tersebut terasa ringan saat digunakan.


Memiliki Motif yang Lebih Beragam


Kelebihan dari kain printing selanjutnya yaitu memiliki motif yang lebih beragam. Hal ini disebabkan karena proses pembuatannya menggunakan mesin canggih dan pengerjaannya pun cepat sehingga dapat menghasilkan motif yang lebih variatif.


Harganya Cukup Terjangkau


Kain tekstil yang dibuat melalui proses printing umumnya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian, kamu bisa lebih berhemat jika menggunakan kain ini untuk mencukupi kebutuhan. Meskipun terbilang murah, namun kain print tidak tampak murahan.                                                                                                                       

Setelah mengetahui beberapa jenis kain printing kamu ingin mengembangkan bisnis fashion kamu berkembang?Untuk lebih jelasnya mengenai cara order, alamat kantor maupun kontaknya bisa kamu bisa kunjungin wesitenya di https://www.inouiprint.com. Dan pastinya kamu bisa Dapatkan Harga dan Approval Sample di Inoui Print.

 

Inouiprint

Boulevard Gading Serpong, Ruko Sparks Blok C No 09 Gading Serpong,

Kelapa Dua, Tanggerang, Banten 15810

Tep : 0812 1234 1148
Copyright © Tampang.com
All rights reserved