Mengatasi Rasa Ragu dan Takut Saat Interview Gaji

Tanggal: 1 Nov 2017 13:23 wib.
Tampang.com - Pasti senang ya guys lamaran kita diterima dan kita mendapat panggilan test, dan kita lolos juga hingga akhirnya tahap terakhir interview masalah gaji , duh ini moment yang kadang membuat kalian nggak tahu harus bagaimana bersikap. Bener nggak guys? Satu sisi kita butuh gaji besar sesuai dengan pendidikan, pengalaman dan jenis kerjaan kita, namun satu sisi kita merasa takut kalau minta gaji besar dan tinggi nanti malah kita nggak diterima deh, padahal kita butuh banget nih kerjaan.

Soo apa dong yang musti kita lakukan untuk mengalakan rasa tersebut, kita ada sedikit masukan ya semoga bermanfaat buat kalian ya…

1. Jangan takut untuk menegosiasikan gaji hanya karena perempuan dibiasakan untuk menghindari sikap terlalu asertif atau berani.

Keberanian memang diperlukan untuk menanyakan atau nego gaji karena itu juga menunjukkan nilai diri kamu, bahwa kamu punya nilai yang bakalan membuat kerjaan dikantor tersebut menjadi lebih baik di tangan kamu.

2. Ketahuilah Nilai mu

Saat bernegosiasi, fokuslah pada apa yang bisa kamu tawarkan bagi perusahaan tersebut, jangan pada bagaimana posisi kamu akan melancarkan jenjang kariermu ke depannya. Tanyalah orang-orang yang bekerja di bidang yang sama denganmu, baik perempuan maupun laki-laki, untuk menghindari ketimpangan gaji berdasarkan gender.

3. Jangan menyebutkan angka terlebih dahulu

Hal ini berguna untuk menghindari kemungkinan kamu meminta gaji di bawah yang mereka tawarkan atau kalau kamu meminta gaji terlalu jauh di atas yang bisa mereka berikan.

4. Kaitkan dengan pekerjaanmu

Jangan menggunakan gaji di pekerjaan lamamu sebagai patokan atau standar gaji pekerjaan barumu ini. Kalau dulu kamu dibayar rendah, jangan biarkan perusahaan baru ini melakukan hal yang sama. Cobalah untuk memfokuskan pembicaraan pada angka gaji sesuai pasar saat ini, bukan pada gaji kamu saat ini kalau kamu sudah bekerja.

5. Berbicara dengan jelas dan tegas

Mereka cenderung bertanya dengan halus atau menawarkan pujian. Dalam dunia bisnis, terutama ketika berhadapan dengan laki-laki, less is more. Jadi ketika berbicara, pastikan kamu tidak bertele-tele atau ragu-ragu.

6. Jangan takut menolak

Kalau ternyata angka yang kamu ajukan tak disetujui, jangan sedih dulu. Kamu bisa menyiasatinya dengan berkata “Saya paham mengenai pertimbangan dan tawaran Anda, saya sendiri merasa sangat cocok dengan posisi yang Anda tawarkan, terlebih jika saya bisa bergabung dalam tim Anda. Tapi saya rasa kemampuan dan kualifikasi saya untuk posisi ini bisa dihargai 5 juta rupiah.” Tapi ingatlah bahwa kamu menginginkan pekerjaan ini, jadi kamu harus tetap menjaga keramahan dan pembawaan yang positif dalam bernegosiasi. Jangan mengancam untuk menolak pekerjaan tersebut atau dengan menyebutkan tawaran pekerjaan lain yang kamu terima.

Dan satu yang pasti kalian ingat guys, semua sudah diatur sama Tuhan, kita sudah berusaha kalau memang perusahaan tersebut yang terbaik buat kalian , maka akan ada jalan untuk kalian kerja disitu sesuai yang kalian inginkan

Tapi kalau bukan tetap semangat karena Tuhan pasti berikan sesuatu yang lebih indah dan terbaik untuk kita. Soo semangatttt.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved