Mata Coklat Jadikan Anda Tampak Terpercaya

Tanggal: 20 Agu 2017 16:18 wib.
Tahukah Anda bahwa memiliki mata coklat mungkin membuat Anda tampak lebih dapat dipercaya?

Dalam penelitian yang dilakukan di Republik Ceko, mahasiswa diminta untuk melihat foto-foto dari 80 rekan siswa (40 laki-laki dan 40 perempuan, usia 19 sampai 26 tahun). Peserta dalam penelitian diminta untuk menilai siswa yang difoto untuk dapat dipercaya pada skala 10 poin.

Para siswa yang difoto diberi tahu untuk mengasumsikan ekspresi netral dan tidak tersenyum dan tidak memakai makeup atau perhiasan apa pun. Semua foto dipangkas sehingga mata selalu horizontal pada ketinggian yang sama dengan panjang leher standar yang terlihat. Hanya foto individu dengan mata biru atau mata coklat yang digunakan dalam penelitian ini. Foto siswa dengan mata hazel atau hijau dikeluarkan.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang dengan mata coklat dianggap jauh lebih dapat dipercaya daripada mereka yang memiliki mata biru.

Tapi ternyata sedikit lebih rumit dari itu.

Para peneliti menemukan adanya hubungan antara warna mata dan bentuk wajah, dan bahwa bentuk wajah seseorang memainkan peran kunci dalam persepsi kepercayaan.

Wajah bermata cokelat cenderung memiliki dagu yang lebih lebar dan lebih lebar, mulut yang lebih lebar dengan sudut pandang ke atas, mata yang relatif lebih besar, dan alis lebih dekat satu sama lain. Sebaliknya, wajah bermata biru ditandai oleh wajah yang lebih tajam dan menonjol, dagu yang lebih panjang, mulut yang lebih sempit dengan sudut pandang ke bawah, mata yang relatif lebih kecil dan alis agak jauh.

"Individu bermata coklat cenderung dianggap lebih dapat dipercaya daripada orang bermata biru," jelas penulis studi tersebut. "Tapi bukan mata coklat yang menyebabkan persepsi ini. Ini adalah morfologi wajah yang terkait dengan mata coklat."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved