Masalah Tidak Selamanya Menjadi Malapetaka Dalam Hidup Anda

Tanggal: 14 Mar 2018 02:36 wib.
Manusia tidak pernah lepas dari masalah. Setiap orang pasti pernah bahkan sering mengalami masalah dalam hidupnya. Setipa orang memiliki masalah yang berbeda tergantung usia, jabatan, letak geografis, dan sebagainya. Hal inilah yang membuktikan bahwa manusia merupakan makhluk yang unik. Semua manusia tentu saja tidak nyaman ketika mengalami masalah, baik itu masalah ekonomi, pendidikan, budaya, sosial, politik, agama, dan lainnya.

Terkadang ketika ketika mencoba mencari jalan agar terhindar dari masalah, malah yang terjadi adalah sesuatu yang tidak diinginkan yaitu masalah. Sebagian orang ketika mengalami masalah mungkin lebih memilih membiarkannya dan tidak peduli dengan apa yang terjadi, namun semakin lama masalah tersebut semakin besar dan menjadi sebuah masalah besar yang semakin susah diatas.

Masalah memang tidak menyenangkan, namun jangan lihat masalah hanya sebagai malapetakan yang mengganggu kenyamanan Anda. Coba gunakan sudut pandang yang berbeda ketika mengalami masalah apapun itu. Karena masalah bukanlah sebuah malapetaka. Tak selamanya masalah merugikan hidupmu.

Justru ketika Anda mencoba melihat masalah sebagai pelajaran bahkan menjadikannya sebagai peluang untuk berpikir maka suatu saat Anda akan mengerti bahwa masalah tidaklah selamanya merugikan. Terkadang lewat masalah yang dihadapi menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih kuat, mandiri, dan bijak. Masalah bisa diibaratkan sebagai ujian untuk naik level kehidupan.

Ada orang ketika mengalami masalah menjadi semakin down, tak memiliki semangat hidup, bahkan ada orang yang mengakhiri hidupnya hanya karena terlalu fokus pada masalahnya. Akibatnya akal sehatnya menjadi hilang dan mencari jalan tercepat untuk lepas dari masalah hidupnya.

Sama halnya ketika menempuh pendidikan kelas 1 SD, maka untuk bisa naik ke kelas 2 SD Anda harus menghadapi ujian kenaikan kelas dengan baik terlebih dahulu. Demikian pula dalam kehidupan, terkadang untuk mengalami kemajuan dalam berpikir bahkan dalam bertindak, kita harus menghadapi masalah yang mungkin cukup berat.

Ketika Anda sering menghadapi masalah dan mampu bertahan, sejak saat itu Anda akan semakin mengerti artinya hidup. Untuk itu, jika selama ini Anda memiliki pemikiran bahwa masalah adalah malapetakan, segera hentikanlah dan buka pikiran Anda. Anggap setiap masalah yang Anda hadapi sebagai pelajaran menuju tingkatan hidup yang lebih tinggi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved