Masalah Keluarga Picu Konflik di Tempat Kerja

Tanggal: 29 Agu 2017 08:23 wib.
Mengkhawatirkan masalah keluarga selama masa kerja meningkatkan konflik dengan rekan kerja.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Ana Sanz-Vergel dan rekan-rekannya dari Universitas Norwich Norwich University of East Anglia University and Complutense Madrid, Spanyol meminta peserta untuk menilai seberapa besar konflik keluarga telah mempengaruhi konsentrasi mereka di tempat kerja, dan seberapa banyak mereka terlibat konflik argumen dengan rekan mereka dan dengan pasangan mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Psychological Society's Journal of Occupational and Organizational Psychology.

Dr Sanz-Vergel mengatakan: "Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan psikologis dan fisik, ambiguitas peran, kerja shift atau ketidakamanan kerja dapat menyebabkan konflik di antara rekan kerja.

"Dalam penelitian ini kami memeriksa betapa mengkhawatirkan masalah keluarga dapat mengganggu kerja dan mempengaruhi interaksi dengan rekan kerja dan dengan rekan kerja di rumah."

Sekitar delapan puluh pasangan (rata-rata berusia 42 tahun) bekerja di dua puluh lima organisasi yang berbeda mengisi kuesioner sosio-demografis umum dan juga menyelesaikan survei dua kali setiap hari selama seminggu kerja. Hampir 70 persen pasangan memiliki setidaknya satu anak.

Konflik interpersonal sehari-hari di tempat kerja dan konflik keluarga sehari-hari diukur pada akhir hari kerja (di sore hari). Konflik interpersonal sehari-hari di rumah dilaporkan sebelum tidur di malam hari.

Dr Sanz Vergel mengatakan: "Kesulitan memusatkan perhatian pada pekerjaan saat terganggu oleh kekhawatiran keluarga membuat karyawan mudah marah. Hal ini menyebabkan mereka bereaksi negatif terhadap rekan kerja daripada menggunakan lebih banyak strategi adaptif, seperti mencari dukungan sosial atau bersikap asertif. Hal negatif ini dibawa ke rumah dalam bentuk konflik dengan pasangannya.

"Temuan ini dapat membantu kita untuk lebih memahami bagaimana konflik keluarga-pekerjaan mempengaruhi hubungan kita dengan orang lain baik di tempat kerja maupun di rumah dan setiap hari."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved