Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

Tanggal: 25 Mei 2018 08:59 wib.
Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Donor Darah

 

Tubuh  kehilangan beberapa mililiter darah setelah melakukan donor darah.  Untuk menggantikan darah yang hilang, tubuh dengan cepat akan membentuk sel-sel darah merah yang baru. Untuk pembentukan sel-sel darah merah baru  dibutuhkan banyak nutrisi yang didapatkan dari makanan. Berikut makanan yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi tubuh setelah donor darah.

 

Daging merah

Selesai berdonor darah tubuh kehilangan banyak zat besi. Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi maka tubuh akan kembali memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Makanlah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah tanpa lemak, ikan dan daging unggas.

 

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya dengan kandungan vitamin C. Kegunaan vitamin C dalam tubuh setelah donor darah adalah dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Tentunya dengan semakin cepatnya penyerapan zat besi maka tubuh akan lebih cepat juga dalam memproduksi sel-sel darah merah yang baru.

 

Telur

Telur mengandung vitamin B-2 atau riboflavin yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Dengan mengosumsi makanan bervitamin B2 ini membuat tubuh tidak akan lemas. Selain itu manfaat lainnya adalah produksi sel darah merah dalam tubuh akan semakin lancar.

 

Bayam

Bayam mengandung asam folat yang juga turut membantu pembentukan sel darah merah baru. Asam folat juga berperan penting sebagai pencegah anemia.

 

Susu

Kandungan vitamin dalam susu juga dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah yang baru setelah donor darah. Selain itu susu juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi supaya efek setelah donor darah pertama kali seperti lemas dan pingsan tidak terjadi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved