Kost Buat Mahasiswa Baru ITB? Coba Cari di Daerah Ini

Tanggal: 24 Jul 2017 17:28 wib.
Kamu mahasiswa baru ITB? Lagi cari kost? Aku bakal kasih info nih, kira-kira daerah mana aja buat cari kostan yang cocok buat kamu mahasiswa baru yang kuliah di ITB, Bandung. Mungkin sebagian dari kalian terutama yang berasal dari luar Bandung masih belum kebayang daerah Bandung teh seperti apa ya? Oke, langsung aja.. inilah daerah kost yang biasa dicari sama anak ITB :

Cisitu

Cisitu merupakan daerah favorit mahasiswa ITB untuk ngekost. Selain lokasinya dekat dengan kampus ITB, juga tersedia banyak tempat makan dengan harga yang cocok untuk kantong mahasiswa. Untuk ke kampus hanya memerlukan waktu sekitar 10–20 menit saja jika ditempuh dengan berjalan kaki. Yang paling dekat adalah Cisitu Baru, kemudian Cisitu Lama, dan yang lebih jauh lagi yakni Cisitu Indah. Harga sewa kost bergantung dengan letak dan fasilitasnya, untuk harga normal bisa dikisarkan antara 500ribu–1juta per bulannya. Tetapi jika ingin memiliki fasilitas yang lebih lengkap, siap-siap budget lebih juga ya. Sedangkan untuk mendapatkan harga lebih murah, kita harus masuk-masuk gang untuk mencari kost. Di daerah ini terdapat fasilitas angkutan umum juga, namun biasanya hanya sampai jam 9 malam.

 

Sangkuriang

Sangkuriang terletak bersebelahan dengan Cisitu lama. Bedanya, angkutan umum yang lewat di jalan sangkuriang, kemudian akan berbelok ke Jalan Cisitu. Sehingga untuk mencapai kost, harus ditempuh dengan berjalan dari persimpangan antara Jalan Sangkuriang dan Cisitu. Jadi sebenarnya sih lebih enak berjalan kaki kalau untuk ke kampus. Untuk harga sewa kost juga tidak beda jauh dengan yang ada di Cisitu.

 

Dago asri

Dago asri, terletak bersebelahan dengan Cisitu Indah. Di sini, terdapat banyak kost dengan fasilitas yang lengkap. Bahkan ada petugas keamanan yang berjaga 24 jam di sana. Tersedia poliklinik juga yang siap membantu jika sakit. Sudah bisa dibayangkan, bahwa harga sewa kost disini rata-rata memang lebih mahal dari kost di Cisitu.

 

Plesiran

Plesiran merupakan nama jalan yang ada di Tamansari. Letaknya dekat dengan kampus ITB, hanya 10-15 menit saja untuk menjangkaunya dengan berjalan kaki. Tempat makan juga tersedia dengan harga yang sangat bersahabat. Tidak usah khawatir juga jika kelaparan tengah malam. Tersedia fasilitas angkutan umum 24 jam. Tapi angkutannya cuma berhenti sampai di depan gerbang Jalan Plesiran saja lho ya. Untuk harga sewa kost cukup terjangkau sekitar 500ribu sampai kurang dari 1juta tergantung fasilitasnya.

 

Taman Sari

Taman sari merupakan daerah yang cukup ramai sebagai tempat untuk kost. Tersedia banyak tempat makan yang enak juga lho. Tempat fotokopi dan keperluan alat tulis lengkap juga tersedia. Namun, untuk mendapatkan harga sewa kost yang terjangkau kita juga harus masuk ke gang yang sempit. Untuk angkutan umum sendiri  tersedia 24 jam. Berdekatan dengan kampus Unisba juga, jadi tentu banyak anak Unisba yang ngekost di sana ya.

 

Taman Hewan

Taman hewan ini merupakan daerah yang terletak dibelakang kebun binatang. Kebun binatang sendiri letaknya persis di samping ITB ya guys. Jadi tentu saja deket kalau untuk ke kampus. Hanya saja jika pulang malam sebaiknya jangan sendirian, karena penerangan di sana agak kurang, jadi cukup gelap. Untuk harga sewa kost juga terjangkau, rata-rata dibawah 1 juta per bulannya.

 

Tubagus Ismail

Tubagus ismail (Tubis) terletak cukup jauh dari ITB, tapi masih terjangkau kok. Ada angkutan umum yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi ke kampus. Terdapat banyak tempat makan, kafe, minimarket, hingga poliklinik yang tersedia di sana. Untuk harga juga cukup terjangkau tergantung fasilitas dan lokasi. Biasanya, untuk lokasi yang ada di pinggir jalan memang sedikit lebih mahal. Namun, jika masuk ke gang-gang kita bisa mendapatkan kost dengan harga terjangkau kok. Bahkan ada beberapa yang memiliki fasilitas lebih oke jika dibandingkan dengan Cisitu untuk harga yang sama.

 

Dipati Ukur

Dipati ukur adalah tempat yang bisa dibilang selalu ramai kapanpun. Meski di sini justru lebih dekat dengan kampus Unpad daripada ITB, tapi  tak sedikit pula yang memilih untuk kost disini. Angkutan umum juga tersedia jika ingin pulang pergi ke kampus. Tempat makan jelas sangat banyak dari yang murah sampai yang mahal ada. Tempat fotokopi juga sangat bayak disini. Harga, ya sebelas duabelas sama Tubis lah ya.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi daerah yang biasa dipilih mahasiswa ITB buat ngekost antara lain Kebon Bibit, Kanayakan, Dago Atas, dll. Perlu diingat ya, untuk sewa kost umumnya per tahun atau per enam bulan. Biasanya harga per tahun lebih murah dibandingkan jika kita menyewa per enam bulan atau per tiga bulan guys..

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved