Jangan Lupa Untuk Selalu Cek 6 Komponen Mobil Ini Setelah Liburan

Tanggal: 9 Jan 2018 10:44 wib.
Tampang.com – Libur panjang telah usai. Saatnya menyongsong tahun yang baru. Pada saat liburan tiba, Anda tentunya melakukan perjalanan jarak jauh. Setelah perjalanan itu, ada baiknya melakukan pemeriksaan pada kendaraan khususnya mobil yang digunakan.

Usai melakukan perjalanan yang jauh sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mobil. Karena , beberapa komponen dipastikan mengalami pengurangan performa. Disamping itu, ada juga beberapa bagian yang menjadi masalah.

Dalam rangka melakukan pengecekan pada kendaraan, setidaknya ada enam komponen mobil yang harus diperiksa antara lain :

Radiator

Melakukan pemeriksaan terhadap radiator merupakan suatu hal yang utama dna mendasar. Cobalah anda melakukan pemeriksaan apakah air radiator masih cukup banyak serta sesuai standar atau tidak. Selain itu, ada baiknya jika mobil telah berumur maka harus dilakukan pengurasan air radiator.

Ban Mobil

Perjalanana yang jauh akan memakan kondisi ban mobil. Kita wajib melakukan pengecekan ketika selesai melakukan perjalanan panjang seperti mudik ke kampung, misalnya. Coba di periksa kembali apakah ban mobil masih dalam keadaan yang layak atau tidak.

Kopling

Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi sudah dipindahkan.

Oil garden dan oil transmisi

Bagian paling penting lainnya adalah oli dan transmisi. Bisa diperiksa lagi apakah keduanya masih layak dipakai atau tidak.

Aki

Komponen lain yang harus juga diperiksa adalah aki. Jika anda menggunakan aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak.

Rem

Lakukan pengecekan rem setelah melakukan perjalanan yang jauh. Perhatikan pula ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah muncul ciri – ciri kebocoran atau tidak. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved