Inilah Tips Mengelola Gaji dengan Cara yang Baik

Tanggal: 23 Mei 2018 13:15 wib.
Tampang.com – Salah satu waktu yang bahagia adalah waktu pada saat gajian tiba. Namun bagi sebagian besar orang justru menjadi hal yang menyedihkan karena jumlah uang yang masuk pada akhirnya akan sama dnegan jumlah yang kita keluarkan. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi agar gaji yang didapatkan tidak hanya numpang lewat saja?

Rencanakan pemakaian dari gaji

Pertama yang harus dilakukan adalah buatlah rencana belanja untuk satu bulan. Anda harus membuat daftar pengeluaran rutin dan tabungan Anda setiap bulannya. Jika bisa, usahakan juga ada anggaran untuk investasi.

Dana tabungan berbeda dengan dana investasi

Pisahkanlah dana tabungan dan invesatsi setidaknya 10 -20 persen. Pemisahan ini dapat dilakukan dengan memisahkan dana dalam rekening yang berbeda.

Mulai melakukan pola hidup sehat

Mulailah untuk melakukan pola hidup sehat. Anda disarankan untuk mengurangi makan di luar atau ngafe dnegan teman – teman. Selain itu, Anda bisa memasak sendiri msakan yang Anda konsumsi. Hal ini akan membantu Anda menghemat anggaran dibandingkan sebelumnya.

Carilah pekerjaan sampingan

Untuk menambah penghasilan, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan. Lebih mudah lagi adalah melakukan pekerjaan sesuai hobi dan pekerjaan itu menghasilkan uang.

Menyimpan uang receh

Uang receh jangan diabaikan. Meskipun nominalnya kecil, namun jika berhasil dikumpulkan. Uang receh tersebut akan menjadi nominal yang besar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved