Inilah Tips Agar Anak Terbiasa Berpuasa

Tanggal: 17 Mei 2018 05:26 wib.
Tampang.com – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Setiap anak dilatih untuk dapat menunaikan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Sebagai orangtua, tidak disarankan untuk memaksa anak melaksanakan puasa secara penuh di bulan Ramadhan.

Belajar untuk membentuk kebiasaan berpuasa tidak perlu harus langsung dilakukan sepenuhnya melainkan dapat dilakukan secara bertahap.

Agar dapat mempermudah orang tua membiasakan anak untuk berpuasa. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan kepada sang anak.

Wajib sahur

Sahur atau makan pagi menjadi sesuatu yang wajib dan penting dilakukan oleh sang anak. Mereka harus dibiasakan untuk bersahur sesuai waktunya. Berilah anak makanan yang kaya akan serat dan protein.

Hindari makanan mengandung gula

Pada saat menunaikan kewajiban berpuasa, hindarilah anak untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan gula. Hal itu dapat memicu keinginan sang anak untuk makan.

Hindari makanan asin

Untuk mengurangi resiko kehausan, hindarkan mereka dari makanan asin dan juga dari aktivitas tinggi. Selain itu, anak juga harus dibiasakan untuk mengkonsumsi banyak cairan agar tietap terhidrasi.

Hindari makanan berlebihan

Bantulah mereka untuk menghindari makan berlebihan untuk menyeimbangkan penurunan kalori. Hal itu akan menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan juga rasa tidak nyaman.

Hindari minuman berkarbonasi

Bantulah anak untuk menghindari minuman berkarbonasi, makanan pedas juga gorengan untuk mencegah permasalahan pada pencernaan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved