Di Usia 81 Tahun, Nenek Asal Tiongkok Ini Akirnya Berhasil Mendapatkan Gelar Sarjana

Tanggal: 6 Feb 2018 17:22 wib.
Tampang.com - Tak ada kata terlambat untuk belajar. Istilah ini telah dibuktikan oleh seorang nenek berusia 81 tahun di Tiongkok. Dengan usia tak muda lagi, nenek ini berhasil mendapatkan gelar sarjana e-commerce dari Tianjin University.

Dilansir dari AsiaOne, nenek ini memiliki nama lengkap Xue Minxiu. Gelar yang ia dapat menggambarkan sebuah tujuan hidup lebih baik yang ditempuh dengan cara kerja keras selama bertahun-tahun.

"Bagi saya, jika kita hidup di dunia maka, harus menerima segala tantangan demi memperbaiki diri. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak universitas yang telah mewujudkan impian saya sejak kecil," ujar nenek Xue saat menyampaikan pidatonya dalam upacara wisuda di universitasnya.

Belajar di universitas adalah salah satu ambisi dalam hidup nenek Xue. Namun, ia tak menyadari jika hal itu ia dapatkan di usia yang tidak muda.

Pada tahun 1957, Xue mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi dan diterima di Northwest University. Namun pada saat itu, ia sedang bekerja sebagai perawat di sebuah sanotarium di Xi'an, China.

Akhirnya, ia harus merelakan tak dapat belajar di Northwest University karena pihak sanotarium menolaknya untuk meninggalkan tempat kerja karena kekurangan staf.

Karena inilah, salah satu impiannya belum dapat terwujud. Barulah, pada tahun 2014 ketika ia berumur 77 tahun, ia mencoba mendaftarkan dirinya di Tianjin University untuk jurusan e-commerce.

Meski menjadi murid paling tertua di antara teman sekelasnya, nenek Xue dikatakan sebagai siswa paling rajin di kelas oleh gurunya.

Bangun setiap pukul 5 pagi, ia menyempatkan diri untuk belajar sebentar, lalu sarapan dan dilanjutkan pergi ke kampus.

Nenek Xue yang hingga kini belum menikah mengatakan bahwa ia tak pernah mengundang teman-temannya untuk datang ke rumah.

Sebab, ada banyak buku yang ia tumpuk di rumah sehingga terlalu sempit untuk menerima orang. Nenek Xue juga mengaku, televisi yang ada di rumahnya sudah empat tahun tak dinyalakan.

Alasannya karena ia merasa tak punya cukup waktu. Ia lebih memilih untuk belajar dibanding menonton televisi.

"Belajar adalah sesuatu hal yang membuat saya bahagia dan itu selalu memuaskan diri saya," jelas nenek Xue.

Selain menyandang gelar sarjana, nenek Xue juga lihai berbahasa Inggris, Prancis, Rusia dan Latin. Itu semua ia pelajari secara sendiri. Ia juga senang fotografi, berseluncur dan renang di waktu luang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved