Di Balik Gaji Pilot yang Selangit

Tanggal: 12 Sep 2017 11:29 wib.
Seperti yang kita tahu, banyak anak kecil yang jika ditanya tentang cita-cita, jawabnya ingin menjadi pilot! Ternyata di balik gajinya yang selangit, pilot juga mendapatkan berbagai fasilitas lainnya.

Berdasarkan informasi dari sebuah maskpai penerbangan, pendapatan pilot junior bisa mencapai di atas Rp 50 jutaan. Biasanya terdiri dari gaji plus allowance lainnya dan akan bertambah pendapatannya seiring dengan bertambahnya masa kerja.

Kemudian, saat sudah menjadi pilot senior pendapatannya akan lebih besar lagi. Seorang captain senior dapat memiliki pendapatan atau take home pay sekitar 100 jutaan lebih sampai 150 jutaan.

Selain itu, masih ada benefit lain yang didapatkan oleh seorang pilot berupa jaminan kesehatan bagi yang bersangkutan dan keluarganya, jaminan kecelakaan, bahkan jaminan jika terjadi sesuatu bagi seorang pilot yang mengakibatkan kehilangan lisensinya. Terkait dengan hal itu, pilot juga berhak mendapatkan sejumlah nilai uang, sekitar dua miliaran.

Pilot juga akan mendapatkan jaminan kesehatan dengan kategori di atas rata-rata. Jaminan tersebut bisa mengcover tindakan operasi. Operasi sakit jantung sampai pasang ring, juga dicover. Jaminan lainnya juga diberikan apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan pilot cacat tetap atau meninggal dunia.

Di samping itu, fasilitas lain adalah antar jemput dari dan ke bandara. Tapi ini tentu saja sudah menjadi rahasia umum. Tak hanya itu, maskapai juga membiayai training seorang pilot yang diperlukan untuk perubahan tipe pesawat yang menjadi 'tunggangannya' dimana biaya trainingnya cukup besar bisa mencapai lebih dari 30 ribu USD per satu orang.

Lalu, fasilitas lainnya yaitu diberikan tiket terbang bagi pegawai dan keluarganya di maskapai ini. Seorang pegawai berhak mendapatkan konsesi tiket atau jatah tiket terbang dengan biaya free alias gratis atau juga dengan biaya tiket yang lebih rendah dari biaya tiket normal, dengan tujuan bisa kemana sesuai dengan rute yang dimiliki maskapai terkait.

Tentu saja semua itu sebanding dengan tanggung jawab dan risiko untuk membawa terbang puluhan jiwa bersamanya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved