Cara Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Tanggal: 23 Mar 2018 11:49 wib.
Tampang.com - Pindah bekerja ditempat baru pasti memerlukan keberanian karena rasa cemas, ragu dan takut akan mungkin datang saat melangkah ke tempat kerja yang baru. Apapun yang dirasakan pada saat hari pertama bekerja harus dilalui dengan penuh semangat dan pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hindari melakukan kesalahan yang tidak perlu terutama terkait pekerjaan.



Dilansir dariInc.com, berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan agar bisa cepat beradaptasi dilingkungan kerja baru:

1. Jangan sombong

Walaupun Anda pintar dan lihai dalam melakukan segala sesuatu, tapi jangan pernah sombong. Orang sombong akan sulit diajak untuk bekerja sama karena menganggap dirinya lebih baik dari siapapun. Jauhi sifat ini agar Anda mudah diterima ditempat baru.

2. Rasa ingin tahu

Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi maka karyawan baru akan dapat cepat belajar tentang banyak hal yang tidak diajarkan di tempat sebelumnya. Rasa ingin tahu ini pun dapat membuat Anda lebih terlihat kinerjanya.

3. Tunjukan kualitas diri

Tetap tunujakan kualitas diri Anda di tempat kerja baru. Jangan jadi orang yang biasa-biasa saja. Jadilah sosok yang istimewa dan emmiliki sejumlah kualitas tertentu yang menjadi jati diri Anda di tempat kerja yang baru.

4. Jadilah pribadi yang menyenangkan

Selama masa pengenalan diri kepada rekan kerja yang berada di satu ruangan yang sama jadilah pribadi yang menyenangkan. Selama masa pengenalan tersbut Anda juga akan mendapat bimbingan penuh mengenai sistem dan regulasi kerja dari perusahaan. Usahakan agar Anda selalu fokus pada masa pengenalan agar lebih mudah beradaptasi dilingkungan kerja baru.

5. Jauhan sifat dan sikap negatif selama bekerja

Banyak hal yang berkaitan dengan hal negatif salah satu contohnya yaitu kebiasaan menggosip atau membicarakan keburukan orang lain. Sebaiknya hindari sikap seperti itu agar dapat dengan mudah beradaptasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved