Bingung Hadapi Anak Bertipe Introvert? Berikut Tips Mengatasinya

Tanggal: 3 Jul 2018 12:46 wib.
Seperti kita ketahui ada dua tipe perilaku orang yaitu ekstrovert dan introvert. Kategori ekstrovert merupakan mereka yang sangat aktif dan tidak bisa diam. Mereka cenderung mengekspresikan apa yang mereka rasa tanpa harus tertekan, dengan bebas mengungkap pendapat, mudah bergaul dan lainnya. Sedangkan tipe introvert adalah kebalikan dari ekstrovert dimana tipe ini mereka lebih cenderung memilih banyak diam dan menyendiri. Sebenarnya kedua tipe adalah baik adanya, namun pada kenyataannya sebagian orang mengaggap introvert adalah kelemahan padahal tidaklah demikian. Tipe introvert juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang tipe ekstrovert. Untuk itu, Anda sebagai orang tua yang baik tidak perlu memaksakan putra/I Anda mengubah karakternya menjadi ekstrovert. Cukup Anda mengarahkannya dan melakukan tips berikut untuk mengatasi karakter anak yang bertipe introvert.


Mengetahui mereka lebih suka menyendiri


Jika pada umumnya orang lebih suka bergaul dengan orang lain dan lebih suka di tengah keramaian, tetapi tidaklah demikian bagi mereka yang introvert. Mereka lebih suka menyendiri apalagi ketika mereka sedang fokus memikirkan atau mengerjakan sesuatu yang dianggap penting. Tipe introvert lebih suka menikmati waktu-waktunya di kala sendiri untuk mengolah emosi, meredakan amarah, aktivitas, informasi dan mengatasi stress.

Anda sebagai orangtua cukup menemanya di saat dia memang butuh ditemani dan tidak perlu menganggunya atau memaksanya untuk cerita. Cukup duduk disampingnya dan menunggu dia memulai pembicaraan untuk bercerita. Hindari menanyakan tentang perasaannya saat ini karena hal itu justru bisa mengganggunya.

 


Memahami bahwa mereka lebih suka to the point


Tipe anak yang introvert tidak menyukai basa-basi yang mereka anggap tidak penting. Mereka lebih menyukai langsung to the point pada pembicaraan. Hal ini bukan berarti mereka pemalu tetapi mereka memang memiliki karakter yang hanya mengutamakan sesuatu yang mereka anggap penting.

 


Ketahuilah tipe introvert lebih suka mengolah perasaan sendiri


Jangan berpikir bahwa anak yang introvert tidak punya perasaan atau tidak bisa menunjukkan emosi. Mereka sama dengan orang lain pada umumnya, hanya saja mereka lebih menyukai mengolah perasaan sendiri. Untuk itu, Anda cukup membangun komunikasi yang baik terhadap buah hati Anda misalnya dengan melatihnya mengungkap ekspresi lewat catatan harian, aktivitas seni, dan sebagainya.

 


Lebih suka berpasangan dibanding kelompok


Sebagai orangtua yang baik harus memahami kebutuhan sang anak. Tipe orang yang introvert lebih menyukai bermain secara berpasangan daripada berkelompok. Untuk itu, temukanlah rekan yang pas untuk jadi teman bermainnya agar dia bisa menjalin hubungan yang baik dan membangun komunikasi dua arah pada rekan bermainnya.

 


Introvert memiliki khayalan dan kreativitas yang tinggi


Tidak heran jika orang bertipe introvert tidak jarang menghasilkan karya yang luar biasa karena mereka memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Untuk itu, Anda sebagai orangtua perlu mendukungnya untuk membiarkan mengekspresikan imajinasi melalui karya seni seperti sketsa, tulisan, lukisan, ukir, dan lainnya. Perlu diperhatikan juga jangan memaksanya berperan di dalam kelompok ataupun  untuk tujuan group.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved