Bingung dengan Gaji Pertama? Berikut 7 Tips Bijak Mengaturnya

Tanggal: 7 Jun 2018 20:43 wib.
Menerima gaji pertama bagi seorang yang baru selesai kuliah (freshgraduate) dan langsung mendapatkan pekerjaan, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Muncul rasa bangga karena pertama kalinya bisa menghasilkan uang dari jerih payah sendiri, terlebih lagi jika selama ini hanya mengandalkan orang tua dalam segala hal.

Saat meneriman gaji pertama, Anda pasti cukup kebingungan mengalokasikan uang tersebut saking senangnya. Terpikir dalam benak Anda untuk menghabiskannya bersama teman-teman Anda, belanja, dan segala hal lain untuk menyenangkan diri sendiri. Namun, disinilah Anda mulai diuji untuk menjadi pribadi yang bijak dan mandiri. Memang tidak ada salahnya jika Anda menggunakan gaji pertama Anda ke hal-hal yang inginkan, namun jauh lebih baik lagi jika Anda menggunakannya secara bijak.

Sebuah kebanggaan menerima gaji pertama, namun lebih membanggakan lagi jika dapat mengalokasikannya dengan bijak dan sesuai prioritas. Agar gaji Anda di bulan-bulan berikutnya tidak habis begitu saja, maka perlu membuat prioritas penggunaan keuangan, berikut tipsnya.

Berbagi dengan orangtua

Karena selama Anda kuliah hanya mengandalkan orangtua dalam keuangan, maka sudah saatnya menunjukkan ke orang tua Anda bahwa sekarang telah menjadi pribadi yang mandiri. Sangat disarankan untuk membuat orangtua Anda senang pada gaji pertamamu. Silakan Anda beli sesuatu yang dapat menyenangkan hati kedua orangtua Anda yang selama ini tidak kenal lelah membesarkan Anda. Pemberian Anda tidaklah harus mahal yang penting adalah ketulusan yang terpancar dari hati Anda yang paling dalam.

Membayar utang

Jika sewaktu kuliah Anda memiliki utang mungkin dengan teman kampus ataupun saudara, maka sebaiknya Anda memprioritaskan untuk membayarnya dari gaji pertama Anda.  

Membayar sewa tempat tinggal

Jika lokasi Anda bekerja jauh dari rumah dan membuat Anda tinggal di kosan, maka sebaiknya sebagian gaji pertama Anda alokasikan untuk membayar biaya kontrakan atau kosan Anda.

Traktir teman-teman dekat

Sudah pasti teman-teman Anda meminta Anda untuk mentraktir mereka saat menerima gaji pertama. Tentu saja hal ini adalah hal yang wajar karena mereka merasa senang dengan Anda, untuk hal ini tidak ada salahnya mentraktir mereka untuk memupuk pertemanan kalian tetap terjaga. Hal ini juga membuktikan bahwa Anda memiliki loyalitas terhadap teman-teman Anda.

Bersedekah

Hidup ini adalah pemberian, demikian pula terhadap karir Anda. Tidak ada salahnya jika sebagian kecil dari gaji pertama Anda tersebut memberi untuk sedekat pada orang-orang yang kurang beruntung.

Menabung

Jika masih ada sisa gaji Anda, maka belajarlah untu menabung karena kebiasaan menabung adalah kunci menjadi orang yang disiplin terhadap penggunaan uang.

Menghibur diri

Karena ini adalah hasil jerih payah Anda, maka sudah sepantasnya Anda menikmatinya. Silakan gunakan sebagian gaji pertama Anda untuk menghibur diri seperti jalan-jalan dan semacamnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved