BikinCV Membuat Tampilan CV Lebih Menarik dan Terlihat Profesional

Tanggal: 19 Nov 2019 13:58 wib.
Pada saat melamar suatu pekerjaan di perusahaan tentunya anda bukan satu-satunya kandidat dan oleh karena itulah adalah hal penting untuk mengetahui cara melamar kerja yang dapat membuat HRD terkesan. Dengan demikian maka peluang untuk mendapatkan peluang mengalahkan kandidat lainnya lebih besar. Salah satu hal yang membuat sebuah perusahaan memiliki bobot penilaian calon karyawan yang tinggi yaitu curriculum vitae (CV). dan bahkan CV menjadi bahan pertimbangan bagi HRD di dalam melakukan seleksi. Karena itulah mengapa pembuatan CV yang tepat merupakan suatu hal yang penting pada saat mulai melamar pekerjaan. Di samping surat lamaran  kerja, CV juga dapat menentukan nasib apakah akan masuk ke dalam tahap seleksi selanjutnya atauu tidak. Itulah sebabnya meskipun bagi sebagian orang CV bukanlah hal yang asing namun contoh CV yang baik akan mampu menarik perhatian perusahaan.

Dengan melihat CV, perusahaan bisa tahu kalau si pelamar layak untuk direkrut. Menurut studi yang sudah dilakukan, perekrut atau recruiter membutuhkan waktu sekitar 6 detik untuk memeriksa CV dan waktu yang dihabiskan untuk memeriksa CV yang lebih dari 6 detik, menandakan bahwa si perekrut menunjukkan ketertarikan pada si pelamar atau job seeker. Di sini CV seolah dapat menjadi suatu penentu apakah seseorang dapat diterima atau ditolak lamaran kerjanya. Karena faktanya yang demikian maka alangka baiknya bila setiap pelamar mengetahui bagaimana membuat CV yang menjadi cerminan bila pelamar merupakan seorang yang profesional.Untuk membuat CV yang baik dan menarik bukan berarti isinya dimuat dalam berlembar-lembar kertas. CV yang dibuat dalam berlembar-lembar kertas tidak akan menjadikan anda sebagai sosok pelamar yang super.

Di dalam membuat CV, informasi yang seharusnya disajikan adalah :


Mencantumkan nama, alamat, nomor telepon hingga email serta posisikan berada di CV header atau bagian atas


Di dalam Cv adanya informasi pribadi wajib ada. Tidak harus panjang serta mendetail cukup mencantumkan nama, alamat, nomor telepo dan email. Posisikan informasi pribadi tersebut pada bagian atas CV atau CV header karena informasi tersebut yang akan dilihat pertama kalinya oleh perekrut. 


Tuliskan CV objective atau CV summary dan tempatkan di bawah informasi pribadi


Pada umumnya CV objective berisi tentang perjalanan karir. Namun bila masih sebagai pemula dalam membuat CV maka ringkasan perjalanan karir ini dapat diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan.


Bila ada pengalaman kerja dicantumkan meskipun hanya sebatas magang asalkan terkait dengan pendidikan yang dijalani


Sudah merupakan rahasia lagi bila perekrut akan melihat pengalaman kerja sebagai bahan pertimbangan ketika memberi undangan untuk melakukan interview. Oleh karena itu ketika membuat CV pastikan bahwa pengalaman kerja tersebut ditulis benar-benar.


Tuliskan pendidikan yang telah dijalani terutama perguruan tinggi 


Di dalam menceritakan pendidikan yang dijalani sebaiknya hanya menuliskan yang penting-penting saja. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan adalah :


Nama universitas atau sekolah
Lamanya menempuh pendidikan
Jurusan yang diambil
Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN)


Hal-hal di atas mengenai latar belakang pendidikan sudah lebih dari cukup. Maka tidak perlu lagi untuk menulis CV lebih dari satu lembar.


Cantumkan kemampuan atau skill yang dikuasai


Meskipun menguasai banyak kemampuan atau skill namun bukan berarti semuanya dimasukkan. Sebaiknya masukkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang ingin anda dapatkan. 


Masukkan informasi tambahan mengenai minat, prestasi hingga pengalaman berorganisasi


Informasi mengenai ini sebenarnya hanya merupakan informasi tambahan saja. Namun meskipun begitu ternyata ada juga perekrut yang memperhatikan poin-poin tersebut.

Nah, di era modern sekarang ini sebuah CV dibuat semenarik mungkin dan profesional agar dapat menarik perhatian perekrut yang akan menyeleksi CV. Anda dapat menggunakan jasa CV murah sehingga CV memiliki tampilan dan template yang menarik. BikinCV hadir sebagai salah satu platform buat CV online yang tentunya cepat, murah dan praktis. Hanya dengan beberapa langkah, pengunjung sudah dapat mengunduh CV yang baru saja dibuat. Selain itu juga pengunjung dapat merubah data bila terdapat kesalahan hanya dengan login ke halaman Dashboard. Berbagai pilihan template dengan berbagai design dan warna akan membuat CV anda menjadi lebih keren dan mempermudah untuk mendapatkan perhatian dari HRD perusahaan. Yuk buat CV keren biar lebih cepat dapat kerja. Mau buat CV online murah dan cepat? Yuk kunjungi www.bikincv.com.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved