Berbagai Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanggal: 24 Mei 2021 09:15 wib.
Bunga melati adalah salah satu tanaman yang bisa menghasilkan wangi yang harum dan di Indonesia cukup mudah menemukannya. Bunga melati dikenal memiliki keharuman yang begitu khas, bunga ini pun sering disertakan dalam berbagai ritual. Mulai dari ritual kecantikan, pernikahan hingga kerap dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun terlepas dari itu semua, bunga melati yang melambangkan kemurnian serta kesucian ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat bunga melati tersebut bisa didapatkan melalui berbagai macam cara penggunaan. Mulai diminum sebagai teh, dioleskan pada kulit sebagai lotion hingga dihirup aromanya melalui parfum atau minyak esensial.  Bunga melati atau jasminium officinale kerap digunakan sebagai pajangan di rumah atau bahan pewangi di berbagai produk kecantikan, seperti krim, lotion dan parfum. Bunga melati mengandung senyawa kimia penting seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic dan jasmon.



Di antara manfaat bunga melati bagi kesehatan adalah sebagai berikut :


Mencegah penuaan


Agar bisa mendapatkan manfaat dari bunga melati sebagai langkah untuk mencegah penuaan cukup mudah. Meminum satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya dapat mencegah penuaan karena bermanfaat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan pada kulit termasuk kulit kering. Bila ingin digunakan sebagai masker, caranya :

Siapkan segenggam bunga melati, air mawar atau olive oil. Kemudian tumbuk halus dan tambahkan air mawar atau olive oil. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas tubuh hingga bersih, untuk mendapatkan hasil kulit yang cantik dan bersih lakukan 2-3 kali dalam seminggu.


Mengobati demam dan sakit kepala


Bunga melati juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi demam serta sakit kepala. Caranya dengan menyiapkan segenggam bunga melati yang telah dibersihkan. Lalu remas-remas bunga melati tersebut dan rendam dalam air. Gunakan air rendaman bunga melati untuk mengompres dahi.


Mengobati sakit mata


Sakit mata seperti iritasi dapat diobati dengan menggunakan bunga melati. Caranya, siapkan segenggam bunga melati yang telah dibersihkan lalu remas hingga halus. Setelah itu tempelkan di dahi bagian atas mata, ganti bunga melati dengan yang baru bila sudah kering.                                                                                                                


Mencegah kolesterol


terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia,  ada kolesterol yang bersifat jahat dan bersifat baik. Kolesterol jahat biasa disebut dengan LDL yang merupakan penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Anda pun bisa mendapatkan manfaat dari bunga melati untuk menurun kolesterol dengan cara meminum teh bunga melati.


Membantu meredakan stres


Bunga melati memiliki aroma yang harum dan khas. Di mana aroma ini dipercaya dapat memberika efek relaksasi. Dengan secara rutin konsumsi satu cangkir teh bunga melati dipercaya bisa membuat syaraf yang tadinya tegang bisa menjadi tenang.


Rambut menjadi lebih kuat


Tentunya tidak akan menyangka bila bunga melati dapat mengatasi masalah kebotakan maupun rambut rontok Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 14 buah bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang-aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar dan 4 liter air. Campurkan minyak kelapa dengan kemiri hingga halus, tumbuk seluruh daun yang lainnya beserta kemiri hingga halus. Kemudian campur semua bahan dan panaskan di atas api selama 20 menit. Saring air rebusan tersebut lalu dinginkan. Sesudah dingin oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan sehari dua kali sebelum mandi.                                                                                                                 


Atasi insomnia


Bunga melati dapat digunakan untuk mengatasi insomnia. Caranya dengan mengambil akar bunga melati sebanyak 1- 1,5 gram lalu cuci hingga bersih. Tumbuk akar bunga melati dan tambahkan air secukupnya, saring dan minum hingga habis.


Menyeimbangkan gula darah


Teh bunga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh. Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula.


Atasi radang ginjal


Bunga melati juga dipercaya dapat mengatasi radang ginjal. Caranya dengan merebus 15 gram daun melati yang sudah kering bersamaan dengan 2 gelas air. Tunggu air rebusan tersebut hingga tersisa hanya untuk ukuran satu gelas saja,. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari secara rutin hingga warna urine menjadi kembali normal.


Mengobati radang usus


Bunga melati juga bisa digunakan untuk mengatasi radang usus. Caranya, siapkan segenggam bunga melati poncosuda yang telah dibersihkan. Rebus bunga melati tersebut dengan 3 gelas air. Tunggu rebusan tersebut hingga tersisa untuk satu gelas saja. Minumlah air rebusan ini sebanyak dua kali sehari.


Mengobati demam berdarah


Demam berdarah termasuk ke dalam salah satu masalah kesehatan dapat diatasi dengan bunga melati. Caranya rebus 7 lembar daun melati dengan 1,25 gram belimbing dalam 250 air. Tunggu rebusan hingga tersisa menjadi 1 gelas saja.Minum air rebusan tersebut bila sudah dingin, lakukan ini dalam 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari. Bila tidak ada bunga melati dapat menggunakan daun pepaya.


Menurunkan berat badan


​Bunga melati bisa menurunkan berat badan bila dikombinasikan dengan teh hijau. Sebab bila bunga melati dan teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bekerja efektif di tubuh sebagai proses pembakaran lemak.

Itulah manfaat bunga melati yang dapat diterapkan bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Bunga melati itu sendiri terdapat dalam beberapa jenis. Di antara jenis bunga melati sepertyi :

Melati Arum Dalu

Arum dalu biasa disebut dengan night blooming jasmine berasal dari benua Amerika. Bunga ini terlihat sederhana, memiliki bentuk lonjong dan bunganya berwarna putih kehijauan. Dapat tumbuh subur meskipun di tanah kering di bawah sinar matahari yang kuat. Untuk aromanya sangat kuat terutama ketika malam hari tiba, aromanya terkesan lebih menyengat.  

Melati primrose

Bunga melati jenis ini memiliki sifat yang semi ganda dengan bentuk seperti corong berwarna kekuningan. Batang dari tanaman ini melengkung seperti air mancur dan membentuk persegi. Sangat rentan terhadap dingin, bila keadaan iklim dingin bunga ini bisa bertahan dalam waktu sebentar tetapi tidak untuk jangka panjang.

Melati Jepang

Bunga melati jenis ini sangat indah dipandang dengan warna bunga perpaduan antara putih dan ungu. Kelopaknya berwarna putih dengan bintik-bintik ungu pada bagian tengah bunga tersebut sehingga menambah keunikan yang berbeda.

Melati kacapiring frostproof

Memiliki sifat kuat karena mampu bertahan dari cuaca akhir pada saat musim semi yang beku dan sangat dingin. Bentuk bunga berukuran 5 hingga 7 centimeter berwarna putih dengan aroma yang sama kuatnya seperti melati pada umumnya. Aromanya bisa memberikan ketenangan serta mampu membuat anda lebih rileks dan tidak berlebihan.  

Melati x stephanense

Berasal dari barat daya China dan termasuk hibrida dengan spesies Cina seperti melati gambir dan melati merah. Memiliki warna bercampur antara putih dan pink dengan bentuk tabung pada bagian kayu serta berwarna pink. Perawatannya tidak sulit dan mudah ditanam untuk ditanam di pekarangan rumah. 

Dengan melihat semua manfaat yang bisa diperoleh dari bunga melati alangkah baik bila anda menanam bunga melati di depan rumah. Selain bisa dijadikan obat-obatan tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit, manfaat menanam bunga melati juga dapat menambah keindahan bagi rumah anda.  Untuk kamu/anda yang sedang mencari informasi tentang kesehatan, lifestyle, hingga otomotif, kamu/anda bisa mengunjungi https://noodol-cafe.com/.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved