Sumber foto: Google

Benarkah Liburan Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Tanggal: 19 Mar 2024 19:02 wib.
Bepergian bisa menjadi pelarian yang menenangkan, tapi juga bisa membuat stres dan memengaruhi kesehatan mental Anda. Stres terkait perjalanan dapat memicu perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan. Perjalanan dapat memperburuk gejala pada orang yang sudah menderita penyakit mental. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil sebelum dan selama perjalanan yang dapat membantu mengurangi stres dan melindungi kesehatan mental Anda.

Sebelum Perjalanan Anda

Buatlah janji temu dengan penyedia layanan kesehatan Anda atau spesialis kesehatan perjalanan  yang dilakukan setidaknya satu bulan sebelum Anda berangkat. Mereka dapat membantu Anda mendapatkan vaksin, obat-obatan, dan informasi spesifik di negara tujuan tersebut. Mendiskusikan masalah kesehatan Anda, rencana perjalanan, dan aktivitas yang direncanakan dengan penyedia Anda memungkinkan mereka memberikan saran dan rekomendasi yang lebih spesifik.

Saat Anda berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda, diskusikan riwayat dan kekhawatiran kesehatan mental Anda. Sebutkan pengobatan apa pun untuk penyalahgunaan zat, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya, dan obat resep atau obat bebas atau suplemen apa pun yang rutin Anda konsumsi.

Periksa halaman tujuan CDC untuk informasi kesehatan perjalanan . Periksa halaman web CDC di tempat tujuan Anda untuk mengetahui vaksin atau obat apa yang mungkin Anda perlukan dan penyakit atau risiko kesehatan apa yang menjadi perhatian di tempat tujuan Anda.

Jika Anda akan bepergian dalam waktu lama atau pindah ke luar negeri, Anda mungkin ingin mendapatkan rujukan ahli kesehatan mental di tempat tujuan Anda, terutama jika Anda menemuinya di rumah.

Dapatkan asuransi perjalanan. Cari tahu apakah asuransi kesehatan Anda mencakup perawatan medis di luar negeri. Wisatawan biasanya bertanggung jawab untuk membayar sendiri biaya rumah sakit dan pengobatan lainnya di sebagian besar tujuan. Pastikan Anda memiliki rencana untuk  mendapatkan perawatan di luar negeri , jika Anda membutuhkannya. Pertimbangkan untuk membeli  asuransi tambahan  yang mencakup layanan kesehatan dan evakuasi darurat, terutama jika Anda akan bepergian ke daerah terpencil.

Selama Perjalanan Anda

Minum obat yang direkomendasikan sesuai petunjuk. Jika dokter meresepkan obat untuk Anda, minumlah obat sesuai petunjuk sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Obat-obatan palsu umum terjadi di beberapa negara, jadi bawalah hanya obat-obatan yang Anda bawa dari rumah dan pastikan untuk membawa obat yang cukup selama perjalanan Anda, ditambah lagi jika terjadi penundaan perjalanan. Pelajari lebih lanjut tentang bepergian ke luar negeri dengan obat-obatan .

Simak tips tambahan berikut untuk menjaga kesehatan mental Anda selama perjalanan:


Terapkan kebiasaan sehat selama perjalanan, termasuk makan sehat dan berolahraga secara teratur.
Dapatkan bantuan jika Anda merasa stres, cemas, depresi, sangat marah, atau jika Anda ingin menyakiti diri sendiri atau orang lain.
Temukan layanan medis dengan menghubungi kedutaan ASTautan Eksternaldi tempat tujuan Anda. Mereka dapat membantu Anda menemukan layanan medis dan akan memberi tahu keluarga dan teman Anda jika terjadi keadaan darurat.
Carilah dukungan, jika Anda membutuhkannya , dari kelompok seperti Alcoholics Anonymous (AA) dan Narcotics Anonymous (NA). Mereka mungkin mengadakan pertemuan berbahasa Inggris di tempat tujuan Anda.


Setelah Perjalanan Anda

Gejala kondisi kesehatan mental mungkin baru muncul setelah Anda kembali dari perjalanan. Kunjungi dokter atau ahli kesehatan lainnya jika Anda merasa stres, cemas, depresi, sangat marah, atau jika Anda ingin melukai diri sendiri atau orang lain, terutama jika Anda menyaksikan atau mengalami kejadian traumatis atau mengancam jiwa dalam perjalanan. Beri tahu penyedia layanan tentang perjalanan terakhir Anda, aktivitas, dan obat atau suplemen apa pun yang Anda konsumsi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved