Bagaimana Seharusnya Peran Pemuda Indonesia Masa Kini?

Tanggal: 1 Jun 2018 00:05 wib.
Pemuda merupakan tahap dimana manusia berada pada tahap terkuat. Pemuda sering diidentikan dengan semangat, intelektual, kuat, dan berintelektual. Bagaimana tidak, masa depan sebuah bangsa akan bergantung pada pemudanya. Jika pemudanya mampu menggunakan waktu yang ada untuk berkarya dan berjuang maka bisa dipastikan masa depan bangsa akan semakin sejahtera. Namun, jika sebaliknya pemudanya justru sibuk melakukan hal-hal yang sia-sia maka kehancuran masa depan bangsa pun tinggal menanti.

Kekuatan pemuda dapat dibuktikan saat Indonesia merdeka pun pemuda memiliki peran penting hingga akhirnya Indonesia bisa merdeka.

Pemuda merupakan agen perubahan, untuk itu pemuda juga harus bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk membuat perubahan menuju arah yang lebih positif. Khususnya kita pemuda Indonesia saat ini, kita memiliki tanggungjawab yang besar dan menjadi harapan para orangtua kita saat ini agar kelak kita dapat menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat, diakui dan memiliki daya saing terhadap dunia.

Apa saja peran pemuda Indonesia masa kini? Berikut pembahasannya

Pemuda harus berjuang demi kemajuan bangsa dan negara

Semakin hari semakin dituntut yang namanya inovasi, kreatifitas, dan karya yang mampu bersaing dengan dunia jika ingin tidak tertinggal dengan negara-negara di dunia. Pemuda Indonesia harus belajar banyak hal mulai dari sekarang, serta memperbanyak pengalaman dan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Menjaga NKRI

Indonesia adalah negara besar dengan tingkat kemajemukan paling tinggi di dunia. Kemajemukan yang di Indonesia diantaranya bahasa, budaya, adat, agama, ras, suku dan sebagainya. Namun, kita bersyukur dengan adanya ideologi pancasila, seluruh perbedaan tersebut disatukan melalui pancasila. Untuk itu, setiap pemuda Indonesia harus menjadi garda terdepan yang mempertahankan keutuhan NKRI tetap terjaga.

Mengawal pemerintah dalam menegakkan keadilan

Pemuda sangat identic dengan ideologinya yang murni. Untuk itu, pemuda Indonesia harus bisa menjadi pengawal pemerintah dan segala lembaga penegak hukum agar tercipta hukum yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia. keadilan yang dimaksud adalah bisa dengan keadilan hukum, pembangunan, teknologi, dan sebagainya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved