Bagaimana Membuat Team Yang Kuat dan Hebat

Tanggal: 22 Sep 2017 23:23 wib.
Tampang.com- Membentuk suatu tim yang hebat dan kuat tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras dari seluruh anggota tim yang bergabung. Banyaknya kendala dan rintangan menjadi pelajaran atau pelatihan untuk menjadi sebuah tim yang kuat. Kerjasama sesame anggota tim amat sangat dibutuhkan sekali.

Banyak yang menganggap kerja sama merupakan perkara kecil dalam mencapai kesuksesan, tanpa menyadari betapa pentingnya hal tersebut.

Seorang pakar pelatihan kepemimpinan selalu menekankan betapa pentingnya kerja sama tim dalam mencapai kesuksesan di tiap sesi pelatihan kepemimpinan yang ia berikan dan membagi kunci sukses membentuk tim yang mampu mencapai kesuksesan bersama.

Nah hal-hal apasaja yang bisa membuat tim tadi kuat dan mendasar berikut sedikit ulasannya:

Hal apa yang menggerakan tim tersebut?



Dalam setiap hal yang dilakukan, seseorang memiliki dorongan dasar yang pada akhirnya menggerakan mereka untuk melakukan sesuatu. Suatu pegangan yang akan selalu mengingatkan mereka untuk bergerak mencapai tujuannya. Mengetahui motivasi dari anggota tim untuk melakukan sesuatu dan apa yang sangat berarti bagi mereka adalah hal dasar yang hampir selalu sukses untuk menggerakan semangat anggota tim dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini sangatlah penting sebelum sebuah tim menyusun tujuan apakah yang ingin dicapai bersama.

Tetapkan tujuan bersama.

menetapkan mimpi dan tujuan apa yang ingin dicapai bersama sebagai sebuah tim untuk menghindari terpecahbelahnya arah berjalannya suatu tim.

Semua anggota merupakan pahlawan

Meskipun telah memiliki tujuan dan arah yang jelas, tak jarang sebuah tim mengalami keretakan dalam perjalanannya karena ketimpangan peran antar anggota tim dalam mencapai tujuan bersama.

Untuk menghindari kerusakan internal tim seperti ini, sangatlah penting dalam sebuah tim untuk menekankan betapa pentingnya peran tiap anggota tim, tanpa membuat satu anggota menjadi lebih penting dibanding yang lainnya, begitupun sebaliknya.

Jatuh bersama, bangkit beramai-ramai.



Kembali pada prinsip tim yang tak akan bisa berjalan jika tak bersama, penting sekali untuk menanamkan pada seitap anggota tim bahwa apapun yang mereka lakukan bukanlah untuk kepentingan individu semata, melainkan menjadi hal yang akan dipikul bersama.

Setiap anggota tim harus diajak belajar bertanggungjawab akan tiap langkah yang mereka pilih, karena sejatinya pilihan mereka akan membentuk wajah dari tim tersebut. Hal ini diharapkan akan mampu memicu satu sama lain untuk saling mendukung dalam mencapai kesuksesan tim.

Kadang untuk membentuk semua itu sulit ya kawan, tapi itulah yang menjadi kenyataan harus kita lalu tahapan untuk mencapai tim yang kuat dan sukses. Perbedaan pendapat karakter dan sifat hancur lebur semua menjadi satu pikiran dan satu tujuan untuk bersama.

Soo kawan mampukah kalian mewujudkannya…?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved