Anak Kos Harus Menerapkan 7 Tips Ini Supaya Uangmu Bertambah

Tanggal: 17 Jul 2017 09:04 wib.
Masalah utama bagi anak kos adalah keuangan, banyak keperluan yang mendesak membuat keuangan anak kos kian menipis apalagi diakhir bulan, bahkan untuk makan pun anak kos harus mengirit, agar keperluan lain bisa tercukupi. Untuk menunggu transfer uang dari orang tua masih lama, maka batin anak kos kian tersiksa. Nah, bagi kalian anak kos yuk ikuti kebiasaan-kebiasaan ini biar keuanganmu meningkat!

1. Untuk makan, kurangi membeli makanan dari luar.

Kamu bisa memasak sendiri makananmu, membeli beras dan memasak lauk-pauk, 2 kg beras bisa untuk 2 minggu, ayam potong atau daging bisa bertahan sampai 7 hari didalam kulkas. Bayangkan saja jika kamu membeli makanan, sehari sudah menghabiskan uang 30 ribu, dikali 30 hari, Rp900.000! Itu hanya untuk makan saja loh. Coba deh diterapkan, uangmu tidak habis di budget makan saja.

2. Kurangi ongkos bensin dengan berjalan kaki ke kampus

Bisa diterapkan nih jika kosanmu tidak terlalu jauh dari kampus, kamu bisa memakai sepeda atau kendaraan lain yang tidak memakai ongkos bensin. Atau kamu bisa nebeng dengan temen kamu!

3. Kamu juga bisa memanfaatkan acara kampus.

Seminar, workshop, atau acara lainnya bisa kamu ikuti untuk mendapatkan makan gratis. Tapi ingat ya, niatkan bukan hanya untuk makan, tapi juga ilmu ya.

4. Kurangi sifat hedonisme

Salah satu faktor utama kanker (kantong kering) nya anak kos adalah sifat henonismenya. Kamu harus berhati-hati, karena bisa jadi uangmu ludes sia-sia. Kamu harus menimalisir sifat jahat itu ya guys. Prioritaskan kepentingan perkuliahan daripada kepentingan hura-huramu. Refreshing boleh, namun tidak baik jika berlebihan.

5. Gunakan perlengkapan perkuliahan yang reuse

Punya kertas-kertas tidak terpakai bekas revisi dan perlengkapan tulis yang layak dipakai? Kamu bisa memanfaatkan benda reuse tersebut untuk menghemat pengeluaranmu dalam membeli alat tulis loh guys. Ini terbukti ampuh!

6. Pentingkan prioritas kebutuhan kamu daripada keinginan.

“kayanya smartwatch itu keren deh, beli ah” wah kalau setiap hari kamu kamu mementingkan keinginan seperti itu, dijamin kamu bakalan melarat guys. Buang jauh-jauh keinginan kamu ya, tunda dulu, prioritaskan kebutuhan kamu dulu baru keinginan.

7. Usahakan kamu jomblo

Untuk yang terakhir, ini penting. Karena jika kamu pacaran, ada berapa banyak uang yang habis untuk berpacaran? Untuk ngedate saja kamu harus keluar uang paling sedikit Rp100.000. uangmu dijamin bakalan langsung habis deh. Uang habis, dosa pun bertambah. Jadi bagi kamu yang jomblo, selamat uangmu masih bisa terselamatkan.

Nah 7 tips diatas sebagai referensi kamu yang ingin banget menghemat. Coba deh diterakan. Dijamin uangmu tidak habis dengan percuma!. Yuk dimulai dari sekarang menghematnya. Karena sifat boros adalah temannya setan. Hiii, kan serem. Kami tunggu progres dari kalian!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved