9 Peluang Bisnis Berikut Cocok untuk Mahasiswa

Tanggal: 31 Mei 2018 16:18 wib.
Dunia yang semakin canggih membuat segala sesuatu semakin mudah, sebaliknya orang yang tidak mampu membaca peluang dan memanfaatkan untuk menjadikannya uang akan ketinggalan. Menjalankan sebuah bisnis tidaklah harus lulus dari bangku kuliah dulu, saat ini ada banyak jenis bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa tanpa terganggunya perkuliahan. Penasaran? berikut jenis-jenis bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa.

1. Bisnis online

Bisa dipastikan kamu yang sedang menjadi mahasiswa saat ini, tidak seharian berurusan dengan kuliah di kampus. Sebaliknya pasti ada banyak waktu luang yang sebenarnya kamu bisa manfaatkan untuk menjalankan bisnis. Salah satunya adalah bisnis online. Kamu bisa menjadi dropshipper atau pun reseller. Siapa pun dapat menjalankan bisnis online, karena kita tidak perlu modal, kamu hanya mempromosikannya lewat gadget dan transaksi serba online.

2. Bisnis bimbingan belajar atau les private

Kamu yang saat ini sedang kuliah dapat memanfaatkan waktu luagmu dengan bergabung ke lembaga bimbingan belajar untuk mengajar, atau pun bisa membuat les privat terhadap anak-anak sekolah SD, SMP, dan SMA. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang saku tambahan setiap bulannya tanpa harus mengandalkan orangtua.

3. Bisnis jasa pengetikan, dan print

Tidak heran dunia yang semakin modern ini ada banyak orang yang memilih instan, misalnya dalam pembuatan laporan ataupun tugas kuliah. Hal ini akan menjadi peluang buat kamu memanfaatkan waktu luang yang ada untuk mendapatkan uang dengan menerima jasa pengetikan dan print tugas ataupun laporan.

4. Jasa servis laptop

Bisa dipastikan hampir semua pelajar dan mahasiswa saat ini memiliki laptop, dan tidak jarang diantaranya mengalami kerusakan dan tidak dapat memperbaiki sendiri. hal ini tentu saja menjadi peluang yang baik khususnya kamu mahasiswa yang jurusan teknik computer dan sejenisnya. Selain belajar mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan juga menambah uang sakumu tiap bulannya.

5. Jasa designer

Kamu yang hobi dan jurusan melukis, design dan sejenis dapat memanfaatkan potensi yang kamu punya untuk mendapatkan uang. Misalnya menerima pesanan lukisan, pembuatan logo, spanduk, poster, dan sebagainya.

6. Jasa web designer dan programmer

Untuk kamu yang memiliki potensi di bidang programmer, kamu dapat memanfaatkan peluang untuk membuka jasa web designer dan programmer.

7. Freelance fotografi

Kamu yang suka dan memiliki kemampuan fotografi tidak ada salahnya jika memanfaatkan waktu luangmu untuk mencari uang tambahan dengan menerima proyek seperti photoshoot terhadap produk, foto prewed, editing foto dan video dan sebagainya.

8. Penulis lepas

Untuk kamu yang memiliki hobi menulis, kenapa kamu tidak manfaatkan waktu luangmu ketika masih menjadi mahasiswa untuk menjadi penulis lepas? Selain mendapatkan uang, skill nulismu juga akan meningkat.

9. Penerjemah

Kamu yang menguasai bahasa asing tertentu, sangat berpeluang untuk menjalankan bisnis jasa penerjemah.  

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved