8 Etika Bisnis Penting yang Wajib Anda Lakukan Jika Ingin Berhasil

Tanggal: 20 Jul 2018 11:48 wib.
Bisnis tidak hanya berbicara soal modal, ide, inovasi, dan keuntungan semata. Lebih dari itu dituntut sikap profesional dan etika yang baik dalam berbisnis. Meski hal ini penting tetapi tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Padahal etika berbisnis merupakan satu hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh setiap businessman. Bagaimana tidak, etika berbisnis merupakan modal penting keberlangsungan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Berikut beberapa etika bisnis yang dapat dilakukan demi keberhasilan bisnis.

1.    Perkenalan diri yang baik

Ketika memperkenalkan diri dengan rekan kerja, atau pun rekan bisnis, alangkah baiknya jangan dalam posisi duduk. Sebaiknya perkenalkan diri Anda dengan posisi berdiri dan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

2.    Berjabat tangan

Meski terkesan sepele, tetapi berjabat tangan ketika bertemu rekan kerja, atasan, tamu, atau pun pelangan akan mempengaruhi nilai etika bisnis Anda.

3.    Penampilan

Jangan sesekali mengabaikan penampilan, karena sekarang ini dunia mengenal Anda dari penampilan dan ucapan Anda.

4.    Ketika meeting jangan main gadget

Era digital ini memang membuat banyak orang tidak bisa menahan diri untuk memainkan gadget. Namun, di saat ada meeting jangan sesekali mainkan gadget Anda. Fokus pada apa yang menjadi pembahasan selama meeting dan harga rekan Anda yang lain.

5.    Sopan

Kesopanan merupakan perilaku yang amat penting dimana pun dan kepada siapa pun, untuk itu budayakanlah perilaku sopan jika ingin bisnis Anda berhasil. Ketika berbicara kepada atasan, rekan kerja, bawahan, dan klien gunakan tutur kata yang sopan.

6.    Gunakan media sosial dengan baik

Era digital ini membuat orang dengan mudah menyebarkan perasaannya  di media sosial. Apapun hal yang mengecewakan Anda di kantor atau pun terhadap rekan bisnis Anda, jangan sesekali posting itu di media sosial yang Anda punya. Selain itu juga penggunaan foto profil yang bagus dan tutur kata yang baik.

7.    Jangan meninggalkan rapat atau acara

Meski ada sesuatu hal penting yang harus Anda urus, akan tetapi sebisa mungkin jangan meninggalkan acara atau pun rapat yang sedang berlangsung.

8.    Biasakan sampaikan ucapan terima kasih

Ketika bertransaksi, konsultasi ataupun hal lainnya yang menyangkut kerja dan bisnis Anda, jangan lupa selipkan ucapan terima kasih sebagai penutup komunikasi.

 

 
 


 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved