Sumber foto: Canva

5 Resep Cilok Untuk Camilan Di Akhir Pekan

Tanggal: 6 Jun 2024 13:08 wib.
Cilok, makanan ringan khas Jawa Barat yang satu ini memang tak pernah kehilangan pamornya. Camilan kenyal yang biasanya disantap saat sore hari ini memang membuat lidah ngiler. Namun, kadang kali kita merasa bosen dengan rasa cilok yang sama. Nah, untuk itu, kami akan berikan 5 resep cilok untuk camilan di akhir pekan yang bisa Anda coba di rumah.

Cilok Goreng Keju Meleleh

Salah satu resep cilok yang bisa Anda coba adalah cilok goreng keju meleleh. Cilok ini memiliki tekstur kenyal dari tepung sagu yang diisi dengan keju meleleh di dalamnya. Kemudian cilok ini digoreng dan disajikan bersama sambal kacang. Rasanya yang gurih dan kejunya yang meleleh pasti akan membuat Anda ketagihan.

 Bahan-bahan:

- 100 gram kentang kukus, haluskan
- 300 gram tepung sagu
- 25 gram bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
- 3/4 sendok teh garam
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 200 ml air hangat
- 1.500 ml air, untuk merebus
- 100 gram tepung panir oranye, untuk pelapis
- 2 butir telur, kocok lepas, untuk pencelup

Cara membuat cilok goreng keju meleleh ini cukup mudah. Pertama-tama campurkan tepung sagu, kentang kukus, bawang putih, kaldu ayam bubuk, garam, dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata, lalu tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan bisa dipulung. Lalu ambil sejumput adonan dan pipihkan, lalu isi dengan keju. Bentuk bulat dan rebus cilok hingga matang, tiriskan. Setelah itu celupkan cilok ke dalam telur kocok, lalu balur dengan tepung panir. Goreng hingga matang dan tiriskan.

 Cilok Sosis

Resep cilok sosis juga bisa menjadi pilihan untuk camilan di akhir pekan. Cilok ini memiliki tambahan sosis di dalamnya yang membuat rasanya semakin menggugah selera. Dengan citarasa yang gurih dan kenyal, cilok sosis ini bisa menjadi camilan favorit di rumah.

 Bahan-bahan:

- 200 gram tepung sagu
- 25 gram maizena
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
- 1 sendok teh garam
- 2 batang daun seledri, diiris halus
- 1 buah cabai merah besar, dibuang bijinya, dicincang halus
- 150 ml air, dididihkan
- 6 buah sosis, dipotong 2 bagian, dipotong kembali 4 bagian memanjang

Cara membuatnya hampir serupa dengan cilok goreng keju meleleh, namun dengan tambahan bumbu dan sosis di dalam adonannya. Campurkan tepung sagu, maizena, bawang putih, kaldu ayam bubuk, garam, daun seledri, cabai merah, dan air panas. Aduk hingga kalis, lalu bentuk adonan bulat-bulat dan isi dengan potongan sosis. Setelah itu, rebus cilok sampai matang dan tiriskan. Cilok sosis siap untuk disantap.

Cilok Isi Krispi Jagung Keju

Jika Anda ingin mencoba variasi cilok yang berbeda, cilok isi krispi jagung keju bisa menjadi pilihan yang menarik. Cilok ini memiliki tambahan krispi jagung dan keju di dalamnya, memberikan sensasi renyah dan gurih yang unik.

 Bahan-bahan:

- 30 butir telur puyuh, rebus matang, kupas, untuk isi
- 100 ml saus bangkok, untuk pelengkap
- Bahan Kulit:
     - 200 gram tepung sagu
     - 75 gram tepung beras
     - 2 siung bawang putih, haluskan
     - 3/4 sendok teh garam
     - 2 batang seledri, iris halus
     - 2 buah cabai kering, cincang
     - 200 ml air, didihkan

Untuk membuat cilok isi krispi jagung keju, pertama-tama campurkan tepung sagu, tepung beras, bawang putih, garam, seledri, cabai kering, dan air panas. Aduk hingga kalis, lalu bentuk bulatan kecil dan isi dengan krispi jagung dan keju. Rebus cilok hingga matang, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus sebagai pelengkapnya.

 Cilok Bubuk Kedelai

Cilok dengan tambahan bubuk kedelai juga patut Anda coba. Bubuk kedelai ini memberikan cita rasa khas yang berbeda dan memberikan tambahan gizi yang baik untuk Anda dan keluarga.

 Bahan-bahan:

- 175 gram tepung sagu
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
- 1 1/4 sendok teh garam
- 3 batang kucai, diiris halus
- 225 ml air mendidih
- Bahan Bubuk Kedelai:
     - 200 gram kedelai, direndam 2 jam
     - 5 buah cabai merah keriting, dipotong-potong

Untuk membuat cilok dengan bubuk kedelai, campurkan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, kaldu ayam bubuk, garam, kucai, dan air mendidih. Aduk hingga kalis, lalu bentuk bulatan kecil dan isi dengan bubuk kedelai. Rebus cilok hingga matang, tiriskan dan sajikan.

Cilok Telur Ebi

Terakhir, cilok telur ebi bisa menjadi pilihan resep cilok untuk camilan di akhir pekan kali ini. Dengan tambahan telur ebi di dalamnya, cilok ini memiliki rasa gurih yang nikmat dan tekstur kenyal yang menggoda selera.

 Bahan-bahan:

- 200 gram tepung sagu
- 75 gram tepung beras
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 sendok makan ebi, seduh, sangrai, haluskan
- 1 1/4 sendok teh garam
- 2 batang seledri, iris halus
- 200 ml air, didihkan
- Bahan Isi:
     - 20 butir telur puyuh, rebus, belah 2 bagian

Untuk membuat cilok telur ebi, campurkan tepung sagu, tepung beras, bawang putih, ebi, garam, seledri, dan air panas. Aduk hingga kalis, lalu bentuk bulatan kecil dan isi dengan telur puyuh. Rebus cilok hingga matang, angkat dan tiriskan. Cilok telur ebi siap untuk disantap.

Itulah 5 resep cilok untuk camilan di akhir pekan yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan menikmati camilan yang nikmat dan menggugah selera
Copyright © Tampang.com
All rights reserved