5 Penemuan Hebat yang Tak Disengaja

Tanggal: 29 Jan 2018 15:31 wib.
Salah atau tidak disengaja tidaklah selalu menjadi sesuatu yang menyebalkan. Bagi beberapa orang yang melakukan sesuatu kesalahan dan tidak disengaja justru menghasilkan penemuan yang tak terduga dan bermanfaat bagi banyak orang. Berikut 5 daftar penemuan yang sebelumnya tidak disengaja, namun penemuan tersebut digunakan sampai saat ini:

Penisilin



Alexander Fleming ternyata terlalu bersemangat untuk berliburan sehingga ia meninggalkan banyak cairan kimia penuh bakteri di laboratoriumnya. Sepulang dari liburannya, Fleming mencoba mengumpulkan cairan-cairan yang masih bisa diselamatkan dari bakteri. Cairan yang sudah tercemar dengan bakteri, ia membuangkan ke dalam tong berisi cairan pembersih. Namun ketika ia ingin membuang cairan stafilokokus, ia menemukan sesuatu yang unik terjadi. Bakteri telah menyelubungi cawan stafikokus kecuali di satu spot bergelembung tidak ada bakteri dalam gelembung tersebut. Fleming sadar bahwa cairan tersebut bisa membunuh bakteria sehingga terciptalah yang namanya penisilin.

Slinky



Untuk generasi tahun 1990an pasti tahu mainan yang satu ini. Ternyata mainan ini adalah penemuan yang tidak disengaja. Pada awalnya seorang teknisi kapal laut bernama James Richard berniat membuat sebuah penyangga barang agar tidak jatuh saat kapal melaut. Penyangga bentuk bulat dengan besi tipis melingkar tersebut kemudian tidak sengaja tersenggol oleh James Richard dan terjatuh. Memang benda itu jatuh namun tidak sampai berguling-guling, melainkan jatuh nyambun-menyambung dari satu sisi ke sisi yang lain. sehingga membentuk gerakan slinky yang kita ketahui seperti saat ini.

Post-It-Notes



Mungkin anda sering menggunakan post-it atau kertas kecil yang biasanya berwarna kuning, hijau, biru, pink atau warna lainnya. Kertas itu biasa kita tempel di komputer, meja atau lemari sebagai pengingat. Tetapi tahukan kamu bahwa kertas tersebut berawal dari sebuah kegagalan dan tidak disengaja?

Pada tahun 1968, Dr. Spencer Silver seorang ahli kimia dari perusahaan 3M, di USA, berusaha mengembangkan perekat super kuat.Namun ia gagal. Lem yang dibuatnya menempel namun tidak terlalu merekat dan mudah untuk ditarik kembali. Pada tahun 1974, seorang rekannya bernama Art Fry datang dengan gagasan menggunakan perekatnya sebagai penanda halaman buku nyanyiannya. Mr. Fry seringkali kehilangan pembatas halaman pada buku-bukunya. Dari sanalah tercetus ide untuk membuat post it notes dalam jumlah yang banyak untuk dipasarkan dan berkembanga keseluruh dunia seperti saat ini.

Plastik



Penemuan plastik ada dua versi, yang pertama adalah versi Charles Goodyear (1800-1860). Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta. Kedua adalah versi John Wasley Hyatt. Pertama kali menemukan plastik jenis seluloid atau dikenal juga sebagai plastik lunak. Hyatt sering kali melalukan eksperimen untuk menemukan alternatif pengganti bola billiard yang sebelumnya terbuat dari gading.

Cola



Minuman yang bisa dikatakan sebagai minuman bersoda favorit bagi banyak orang diberbagai belahan bumi ini ternyata ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ahli farmasi dari Atlanta yang bernaman John S. Pemberton. Sebenarnya saat itu John S. Pemberton sedang melakukan eksperimen terhadap obat pereda sakit kepala. Lalu ia mencampur segala bahan sehingga terciptalah minuman cola seperti yang sekarang kita kenal.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved