4 Hal Berikut Dapat Menjadi Motivasimu Menggarap Skripsi

Tanggal: 15 Mei 2018 00:20 wib.
Menyelesaikan skripsi adalah tahap akhir dan proses paling penting yang menjadi penentu apakah seorang mahasiswa dinyatakan lulus atau tidak dari bangku kuliah. Secara umum, mahasiswa menganggap skripsi merupakan satu tantangan tersulit yang mereka hadapi di bangku perkuliahan. Bagaimana tidak, walaupun sebenarnya mengerjakannya tidak sesulit yang dibayangkan, namun pada tahap ini tidak sedikit mahasiswa yang harus tertunda kelulusannya bahkan terancam DO (drop out) karena merasa kesulitan dalam mengerjakan skripsi.

Lepas dari pemikiran betapa sulitnya mengerjakan skripsi, berikut ada hal-hal yang perlu kamu ketahui dapat membuatmu termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu.


Ingat orangtua


Sudah banyak dibuktikan oleh mahasiswa yang awalnya malas mengerjakan skripsi, namun karena teringat dengan orangtuanya di kampung membuat mereka berbalik arah dan berusaha keras untuk mengerjakan skripsi. Jika kamu mengalami kejenuhan dan malas menyentuh skripsimu, ingatlah orangtuamu di rumah. Orang tua yang setiap hari membawakanmu dalam doa serta bekerja keras untuk membiayaimu dalam perkuliahan dan berharap kelak kamu akan menjadi orang sukses. Harapan orang tua adalah hanya satu yakni kamu akan menjadi orang sukses dan tidak lupa dengan mereka.

Mungkin mereka tidak tau apa yang kamu alami selama kuliah, namun percayalah mereka selalu berharap yang terbaik untukmu. Karenanya bekerja keraslah dalam mengerjakan skripsimu, dan buat orangtuamu bangga terhadapmu. Momen wisuda anaknya adalah salah satu momen terbaik yang orangtua ingin saksikan selagi mereka hidup.


Melihat foto wisuda teman atau foto sidang akhir


Saat kamu kehabisan ide dan inspirasi untuk menggarap skripsi, jangan putus asa dan memutuskan untuk  menghabiskan waktumu ke hal-hal yang tidak penting misalnya dengan mengalihkan pikiran ke warnet dan sebagainya. Tetapi tetaplah terbuka dengan lingkunganmu serta jalin sosialisasi dengan lingkunganmu. Jangan menutup diri. Salah satunya kamu harus bisa menyaksikan momen wisuda temanmu, ataupun senior meski melalui foto. Lihat lah foto wisuda teman atau pun orang lain itu untuk memotivasimu segera menyelesaikan skripsi. Jadikan itu motivasi dan percayalah bahwa sebentar lagi kamu akan mendapatkannya.


Berlama-lama di kampus, tidak kasihan orangtua membayar uang kuliahmu terus-menerus?


Kuliah itu tidak gratis, semua pakai uang bukan? Nah, jika saat ini kamu malas mengerjakan skripsi dan mengalihkan pikiranmu ke hal-hal lain yang tidak penting, ingatlah akan orangtuamu. Apa kamu mau mereka membayar uang kuliahmu terus-menerus padahal bebanmu tinggal satu yaitu skripsi? Segera bereskan tanggungjawabmu sebagai anak dan mahasiswa untuk membuktikan bahwa kamu mampu melewati sebuah proses ujian hidup menuju satu fase kehidupan yang lebih tinggi.

Masa iya mau minta uang dari orangtua terus, kapan bisa uang sendiri?

Mungkin saja orangtuamu saat ini adalah orang yang memiliki uang banyak, namun masa iya kamu tidak malu jika meminta uang orangtua terus-terusan? Lihat teman-teman sudah pada lulus dan mampu menghasilkan uang sendiri, kamunya kapan? Jadikanlah hal ini sebagai motivasimu bahwa kamu bukanlah anak manja yang terus menerus berharap pada orangtua, kamu juga berhak mandiri dan menghasilkan uang sendiri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved