2 Kata yang Bedakan Kamu Sebagai Pecundang atau Pejuang

Tanggal: 13 Nov 2017 07:43 wib.
Tampang.com - Cara berpikir seseorang memang dapat menjadi satu faktor yang mengubah suatu hal. Hanya dengan niat dan tekad saja, manusia memiliki kemungkinan untuk melakukan semua hal. Dengan sugesti yang baik, maka kemungkinan kita menjadi seseorang yang lebih baik.

Salah satu yang membedakan seorang pecundang dan pejuang ternyata dapat terhubung dengan sugesti yang mereka terima. Sugesti tersebut adalah " I Can't" (Saya Tidak Bisa) dan " I Don't" (Saya Tidak).

Dikutip dari laman Inc., salah satu penelitian menyebutkan bahwa cara paling ampuh untuk menjamin pencapaian seseorang dapat dilihat dari penggunaan kata "Saya tidak bisa" dan "Saya tidak ...". Penelitian ini telah diterbitkan di Journal of Consumer Research.

Peserta yang ingin memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat diminta untuk mengatakan "Saya tidak makan kue" atau "Saya tidak bisa makan kue" saat menghadapi pilihan yang mewakili gaya hidup tidak sehat seperti cokelat atau kesempatan untuk melewatkan olahraga.

Hasilnya, mereka yang menggunakan ungkapan "Saya tidak..." sebelum menolak 'godaan' cenderung memilih alternatif yang lebih sehat daripada mereka yang menggunakan ungkapan "Saya tidak bisa."

Studi lain menunjukkan bahwa 80 persen wanita yang berlatih untuk mendapatkan tubuh bugar sesuai impian menggunakan frase "Saya tidak..." bertahan lebih lama dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan.

Sementara 90 persen dari mereka yang menggunakan frase "Saya tidak bisa" gagal menyelesaikan keseluruhan penelitian, karena begitu mudah kembali ke kebiasaan tidak sehat.

Dengan kata lain, mereka yang menggunakan kata "Saya tidak..." secara tak langsung menanamkan pikiran bahwa mereka memiliki kekuatan besar untuk mengambil atau tidak mengambil pilihan di dalam hidup mereka.

Meskipun terlihat sepele, ketika kita menggunakan frase "Saya tidak..." dan bukannya "Saya tidak bisa," kita akan mengalami peningkatan motivasi dan perasaan mampu di dalam diri.

Perbedaan dalam bahasa ini memiliki efek luar biasa terhadap apa yang kita pikirkan dan bagaimana kita bertindak, karena kedua ungkapan kecil ini menghasilkan efek psikologis yang sangat berbeda.

Seperti yang dikatakan oleh Oliver Burkeman, jurnalis dan penulis buku The Antidote: Happiness for People Who Can Not Stand Positive Thinking, "Frase 'tidak bisa' menyiratkan hambatan dari luar yang membuat kita merasa tidak berdaya.

Sebaliknya, mengatakan bahwa Anda 'tidak' melakukan sesuatu mengisyaratkan otonomi dan juga komitmen jangka panjang. "
Copyright © Tampang.com
All rights reserved