13 Fakta Menarik Mengenai Ciuman

Tanggal: 23 Mar 2018 12:21 wib.
Pernahkah anda berciuman? Selain dapat mempererat hubungan batin dengan pasangan, berciuman ternyata memang memiliki beragam manfaat. Berciuman juga bisa menjadi pengalaman sensual bagi dua insan yang dimabuk asmara. 

Tahukah anda bahwa ada beberapa fakta yang sangat mengejutkan tentang berciuman yang mungkin belum anda ketahui. Berciuman merupakan suatu bentuk exspresi rasa cinta anda kepada pasangan dan sudah menjadi hal lazim dipraktekkan di seluruh dunia.

1. Anda memindahkan 80 juta bakteri dalam 10 detik

Ya, hanya berciuman 10 detik saja jumlah bakteri dalam mulut Anda dapat berubah drastis. Anda mentransfer 80 juta mikroba kepada pasangan dan sebaliknya ia pun kepada Anda. Walaupun terdengar mengerikan, tetapi sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah. Bahkan bisa saja bakteri yang berada di dalam mulut pasangan Anda membantu kehidupan bakteri yang ada di dalam mulut Anda.

2. Berciuman membutuhkan 146 otot

Jika selama ini Anda berpikir bahwa berciuman hanya tentang bibir dan lidah, maka Anda keliru. Riset yang dilakukan Elaine Sassoon, Annabelle Dytham, Robert Scully dan Prof, Gus McGrouther dari Rayne Institute, University College of London mengungkapkan bahwa sebuah ciuman seperti French Kiss menggerakkan 34 otot di wajah dan 112 otot postural.

3. Dalam banyak budaya, ciuman dianggap 'kotor'

Dalam sebuah studi yang berasal dari 168 budaya, para ilmuwan menemukan bahwa hanya 77 (atau sekitar 46 %) yang benar-benar beranggapan bahwa berciuman adalah hal yang romantis. Banyak budaya lainnya yang tidak mengerti cara berciuman yang benar dan masih menganggap berciuman adalah hal yang kotor.

4. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda mungkin berfikir menjijikkan saat mengetahui berapa banyak jumlah bakteri yang tertransfer pada tubuh Anda saat berciuman. Tapi pada kenyataannya hal itu justru akan bermanfaat buat diri Anda. Sebuah penelitianmengungkapkan bahwa hal tersebut justru membantu meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.

5. Anda menghabiskan waktu 2 minggu sepanjang hidup untuk berciuman

Para ilmuwan menemukan bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 20.160 menit untuk berciuman sepanjang hidup mereka. Itu berarti kira-kira sekitar 2 minggu sepanjang hidup Anda untuk berciuman.

6. Berciuman menentukan kecocokan

Secara biologis tubuh kita memiliki kemampuan untuk mengenali kecocokan dengan orang lain. Selain itu banyak studi mengatakan bahwa untuk mengenali kecocokan dengan seseorang salah satunya dapat dilakukan dengan menemukan chemistrypada air liur seseorang. Dengan kata lain, untuk dapat mengetahui apakah Anda cocok dengan pasangan Anda salah satunya dapat dilakukan dengan berciuman.

7. Berciuman baik untuk gigi Anda

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan berciuman, dapat mencegah dan membantu kerusakan gigi.

8. Berciuman membuat Anda sulit tidur dan kehilangan nafsu makan

Berciuman meningkatkan neutransmitter serta hormon dopamin di dalam tubuh yang dapat membuat Anda menjadi sulit tidur dan kehilangan nafsu makan.

9. Berciuman dapat membakar kalori

Anda membakar sekitar 2-5 kalori setiap menit ketika berciuman. Meskipun Anda masih membutuhkan beberapa olahraga ringan, tetapi tentu saja berciuman lebih baik jika dibandingkan menghabiskan waktu berlama-lama di gym.

10. Lebih banyak berciuman berarti memiliki hubungan yang lebih baik

Salah satu studi mengungkapkan bahwa pasangan yang sering berciuman memiliki kualitas hubungan yang baik serta kepuasan dalam suatu hubungan. Jadi, tingkatkan frekuensi berciuman Anda dengan pasangan untuk mendapatkan sebuah kualitas hubungan yang baik.

11. Ciuman terlama adalah selama 2 hari

Rekor ciuman terlama saat ini dipegang oleh Ekkachai Tiranarat dan Laksana Tiranarat yang berasal dari Thailand. Mereka mengikuti sebuah acara yang bertujuan memecahkan rekor ciuman terlama. Ciuman mereka berlangsung lebih dari 58 jam, 35 menit dan 58 detik.

12. Bibir memiliki lebih dari satu juta ujung saraf

Apakah Anda menyadari bahwa ciuman terasa begitu baik karena bibir sangat sensitif? Dengan lebih dari satu juta ujung saraf, bibir adalah salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh Anda.

13. Berciuman menyebabkan mata Anda terpejam

Bukan hanya terasa aneh dan tidak nyaman apabila saat berciuman mata kita terbuka. Namun reaksi hormonal membuat tubuh menjadi refleks memejamkan mata saat berciuman.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved