Sumber foto: google

Yoga Bisa Bikin Kurus, Benarkah?

Tanggal: 12 Jul 2024 13:30 wib.
Meskipun sering dianggap sebagai latihan untuk relaksasi, kini yoga dikenal memiliki beragam manfaat lainnya, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Tapi, apakah yoga benar-benar bisa membuat seseorang kurus?

Manfaat utama dari yoga adalah sebagai latihan kekuatan dan peregangan. Meskipun yoga dapat membantu pembakaran kalori, jumlahnya tidak sebanyak olahraga kardio yang intens. Meskipun begitu, berdasarkan Good Housekeeping, penurunan berat badan bisa terjadi berkat gerakan yoga yang konsisten.

Selain itu, yoga memberikan berbagai manfaat fisik, termasuk peningkatan ketangkasan dan kekuatan otot, yang secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Menurut Forbes, yoga juga dapat membantu meningkatkan laju metabolisme sehingga memungkinkan untuk terjadi pembakaran kalori bahkan saat sedang istirahat. 

Hal ini menunjukkan bahwa manfaat yoga tidak hanya terjadi saat latihan, tetapi juga berlanjut setelah sesi yoga selesai. Berdasarkan hasil 22 penelitian, yoga dapat membantu mengurangi total berat badan, indeks massa tubuh (BMI), persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang pada partisipan yang mengalami obesitas.

Melalui gerakan-gerakan dalam yoga, tubuh secara bertahap membangun kekuatan dan fleksibilitas, yang kemudian meningkatkan metabolisme. Aspek ini dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga membantu proses pembakaran lemak.

Selain aspek fisik, yoga juga fokus pada pernapasan dan konsentrasi. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Kesehatan mental yang terjaga dapat membantu menahan seseorang dari kebiasaan makan berlebih.

Beberapa jenis gerakan yoga juga dapat meningkatkan detak jantung dan membakar lemak, seperti Vinyasa, Ashtanga, Power Yoga, Yoga Panas, dan Yoga dengan Beban. Gerakan-gerakan ini dapat menjaga detak jantung tetap tinggi selama latihan dilakukan dan membantu meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved