Yang Perlu Dipahami Mengenai Kartu Kredit Syariah

Tanggal: 5 Mar 2020 12:57 wib.
Tentu sudah tidak asing dengan yang namanya kartu kredit. Benda yang sangat bermanfaat sebagai alat pembayaran yang praktis, mudah dan juga aman. Jutaan orang telah banyak yang merasakan manfaatnya dan dinilai akan semakin bermanfaat bila dapat menjangkau banyak orang dari berbagai kalangan. Pada sebagian orang, ada pemahaman yang berbeda mengenai produk perbankan yang telah ada sebelumnya sehingga kini ada beberapa pilihan kartu kredit syariah yang diciptakan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam ajaran Islam guna memenuhi gaya hidup individu yang beragam. Dalam hal fungsi dan peraturan, kartu kredit syariah ini terhitung sama yakni sama-sama tunduk pada hukum dan aturan pemerintah. Yang membedakannya adalah tidak adanya bunga. Pada kartu kredit syariah tidak ditemukan bunga hanya ada akad.

Biaya kartu kredit syariah terdapat iuran tahunan serta biaya lainnya seperti kewajiban membayar fee bulanan pada bank. Hal tersebut berdasar pada akad ijarah. Akan tetapi bila anda melunasi tagihan kartu kredit dengan tepat waktu maka fee bulanan ini menjadi gratis. Terdapat tiga akad yang dipergunakan pada kartu kredit syariah yang di antaranya adalah :


Akad kafalah


Yang berarti penjamin, bank penerbit kartu kredit akan bertindak sebagai penjamin pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu kerdit. Segala transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit baik itu di ATM maupun pada merchant secara online dan offline akan dijamin oleh bank penerbit kartu kredit syariah.


Qardh


Qardh adalah pinjaman dan penerbit kartu kredit syariah yang memberikan pinjaman kepada pemegang kartu kredit. Adapun pinjaman ini berupa penarikan tunai di ATM dan lain sebagainya.


Ijarah


Diartikan juga sebagai iuran tahunan dan ini hampir sama dengan kartu kredit konvensional. Iuran tahunan ini merupakan bentuk imbal jasa atas layanan yang telah diberikan oleh kartu kredit syariah.

Berdasarkan pada akad yang tersebut di atas, dapat dilihat bila perbedaan kartu kredit konvensional dengan kartu kredit syariah. Terdapat unsur riba pada kartu konvensional bilamana nasabah membayar hanya dengan minimum pembayaran. Dan ini tentunya tidak sesuai dengan prinsip syariah yang bebas dari bunga. Sedangkan kartukredit syariah tetap mengenakan biaya yang harus dibayarkan sebagai iuran keanggotaan merchant serta fee penjaminan atau kafalah.

Kini di Indonesia sudah ada beberapa jenis pilihan kartu kredit yang dapat anda temui dengan mudah.


CIMB Niaga Syariah


Produk kartu kredit syariah yang diberui nama CIMB Niaga MasterCard Syariah Gold. Kartu kredit syariah ini menerapkan prinsip syariah, di mana semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu ini sesuai dengan akad-akad pada prinsip syariah. Nikmati gratis iuran tahunan seumur hidup dengan menggunakan kartu kredit syariah ini. 

Kartu Kredit iB hasanah (Bank BNI Syariah), terdapat tiga tipe kartu kredit syariah yaitu :


iB Hasanah Platinum Card


Kartu kredit syariah yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi untuk berwirausaha dan dapat digunakan di lebih dari 29 juta outlet di seluruh dunia yang bekerjasama dengan Master card. Tidak ada penerapan sistem bunga yang berbunga dan tidak membedakan antara transaksi retail maupun transaksi tarik tunai. Memberikan fasilitas exceutive airport lounge gratis serta memperoleh asuransi untuk setiap pembelian tiket perjalanan dengan pesawat yang dibeli dengan memakai kartu ini.


iB Hasanah Gold


Kartu kredit syariah dengan fasilitas cicilan tetap dalam jangka waktu periode tertentu dan dapat digunakan di lebih dari 29 juta tempat yang berlogo MasterCard di seluruh dunia. Sama seperti yang platinum yaitu tidak ada penerapan bunga serta tidak membedakan transaksi retail ataupun tarik tunai. Minimal pembayaran 10% dari tagihan bulanan dan gratis biaya keterlambatan pembayaran juga gratis biaya penarikan tunai.


iB Hasanah Classic Card


Tidak dikenakan biaya keterlambatan pembayaran dan juga bebas dari biaya tarik tunai minimal. Memperoleh asuransi perjalanan gratis bila membeli tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit syariah hasanah classic. Untuk memiliki kartu kredit syariah ini tidak diwajibkan untuk memiliki kartu kredit sebelumnya.

Tertarik untuk memilih salah satu dari pilihan kartu kredit syariah tersebut di atas? Baik kartu kredit konvensional maupun kartu kredit syariah memberikan manfaat yang sama. Perbedaan antara keduanya bahwa kartu kredit konvensional terdapat unsur riba pada sistem pembayaran sedangkan kartu kredit syariah bebas dari bunga. Ajukan serta pilih kartu kredit terbaik hanya di CekAja.com dan dapatkan berbagai macam informasi yang menarik lainnya.

https://www.cekaja.com/produk-asuransi/news/164923-bebas-riba-pilih-kartu-kredit-syariah-terbaik-ini.html
Copyright © Tampang.com
All rights reserved