Tips Menghindari Narkoba

Tanggal: 17 Apr 2018 09:07 wib.
 

Tips Menghindari Narkoba

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Istilah lainnya adalah nazpa yang juga singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif.  Narkoba merupakan senyawa yang membuat penggunanya kecanduan dan sulit untuk meninggalkannya jika sudah terjerat dalam penggunaannya.

Indonesia merupakan salah satu negara tujuan transaksi narkoba dari negara-negara luar. Aparat keamaanan Indonesia sudah berusaha melakukan usaha maksimal untuk mencegah masuknya Narkoba di Indonesia, namun masih tetap saja peredaran narkoba merajalela di Indonesia. Buktinya adalah dengan masih banyaknya yang tertangkap akibat mengkonsumsi dan atau mengedarkan narkoba.

Narkoba hanya bisa diihindari dengan cara berikut:

Dekatkan diri dengan sang pencipta

Penangkal utama untuk menghindari narkoba adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan sang Pencipta. Mempertebal iman percaya kepadaNya dan membangun ketaatan yang sungguh-sungguh. Seseorang yang memiliki iman dan ketaatan kepada Tuhan akan mengetahui dan memahami bahwa menajga tubuh tubuh dari hal-hal yang tidak baik adalah bagian dari iman. Oleh sebab itu, orang beriman tidak mungkin merusak dirinya sendiri.

Pahamai bahwa narkoba merusak masa depan penggunanya

Sudah jelas bahwa narkoba dapat merusak hidup dan mengakibatkan kecanduan yang tidak dapat dikontrol. Jadilah pribadi yang memiliki rencana dan tujuan akan masa depan yang baik. Perbanyak melakukan hal-hal yang bermanfaat dan bermakna.

Jauhkan diri dari komunitas pengguna narkoba

Pintar-pintarlah dalam bergaul dan dalam menjalin persahabatan. Sebab, pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik.

Jangan pernah mencoba-coba mengkonsumsi narkoba

Tidak ada jalan lain yang tidak kalah penting dengan poin pertama di atas dalam menghindari narkoba selain kalimat “jangan pernah menyentuh narkoba”.

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved