Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Tanggal: 9 Mei 2018 08:47 wib.
Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

 

Beberapa orang sering mengalami mabuk saat perjalanan. Ada yang memang karena langganan mabuk, namun ada juga yang dipengaruhi faktor kesehatan. Misalnya sedang masuk angin atau perut dalam keadaan kosong.

Agar perjalananmu tidak terganggu, di bawah ini ada tips ampuh mengantisipasi mabuk.

1. Jangan main gadget atau membaca buku.

Rasa pusing dan mual saat perjalanan terjadi karena adanya kesalahan informasi yang diterima oleh otak dari tubuh yang diam di tempat tetapi telinga dan mata terus bergerak melihat keadaan sekitar.

Main gadget atau baca buku saat perjalan hanya akan membuat mata, telinga, dan otak Anda kacau dalam mencerna informasi. Dengan melakukan kegiatan tersebut Anda hanya akan meningkatkan risiko mual dan pusing. Jangan lupa istirahatkan tubuh Anda.

2. Makan sebelum perjalanan

Rasa mual saat perjalanan nyatanya juga disebabkan oleh perut yang kosong. Perut akan meningkatkan asam lambung untuk naik ke atas dan menyebabkan rasa mual. Apalagi jika sebelumnya Anda memang memiliki riwayat kesehatan lambung yang kurang baik. Oleh sebab itu usahakan untuk makan 1-1,5 jam sebelum berpergian. Hindari juga makanan berminyak, makanan pedas, dan minuman bersoda yang akan memperparah mual dan pusing di perjalanan

3. Konsumsi obat anti mabuk perjalanan

Hal ini paling aman dan simpel untuk dilakukan. Obat anti mabuk ini biasanya jika diminum akan menimbulkan rasa kantuk yang dalam. Otomatis mata dan telinga Anda akan “mengistirahatkan” sensornya dan menghindari rasa mual di perjalanan.

Itulah beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan. Semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved