Tips Kolam Renang Agar Berfungsi dengan Baik dan Maksimal

Tanggal: 7 Sep 2023 16:46 wib.
Kolam renang adalah salah satu idaman para pemilik rumah mewah, ya karena kebutuhan membuat kolam untuk olahraga tidak murah, dan luas tanah harus mendukung untuk menghadirkan kolam tersebut di rumah impian. Tapi bukan tidak mungkin menghadirkan kolam di rumah minimalis, karena semua bisa didesain oleh arsitektur profesional. Kolam Renang adalah Fasilitas olahraga untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik, karena aktifitas berenang dapat meningkatkan detak jantung dan membangun kekuatan otot.

Membuat kolam harus mengikuti standar yang berlaku, karena menurut Permenkes Nomor 32 Tahun 2017 yang dimaksud dengan air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakan untuk olahraga dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. Jadi kualitas air kolam harus selalu dijaga karena jika tidak akan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat menggagu kesehatan. Dan sebelum Anda benar-benar ingin menghadirkan kolam renang di rumah Anda, Anda wajib tahu cara merawat kolam renang agar tetap sehat.

Sebelum Anda membuat kolam renang, Anda penting untuk mengetahui syarat utama yang akan menjadi pertimbangan untuk mewujudkannya. Dengan memahami syarat pembuatan kolam ini, diharapkan akan membantu Anda untuk mewujudkan kolam renang sesuai dengan keinginan, dan agar proses pengerjaannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Yang perlu digaris bawahi, pembuatan kolam tidak boleh dilakukan secara sembarangan, jadi pastikan sebelum membangunnya syarat utama di bawah ini sudah terpenuhi terlebih dahulu, tujuannya agar kolam renang memiliki fungsi yang baik. Berikut ini adalah syarat utama membuat kolam renang :


Lahan yang dibutuhkan


Ukuran standar kolam renang membutuhkan ideal lahan berukuan minimal 3 m x 7 m, hal ini dipertimbanhkan dari kenyamanan gerakan ketika Anda melakukan olahraga renang. Tapi jika Anda memfungsikan kolam renang hanya sekedar kolam berendam, Anda bisa menyesuaikan ukuran nyaman untuk melakukan kegiatan tersebut.


Pertimbangkan Penggunaan Listrik


Kolam renang membutuhkan sirkulasi air yang selalu berputar ke sistem penyaringan, dan ini diperlukan pompa yang selalu bekerja, jadi Anda harus menyiapkan setidaknya listrik minimal 500 Watt. Karena nantinya penggunaan listrik akan berpengaruh dari seberapa besar kolam renang dan juga mesin pompanya.

Selain itu penerangan sekitar kolam renang juga harus dipertimbangkan, untuk ukuran standar minimal membutuhkan 3 buah lampu underwater dengan daya masing-masing 100 watt. Jadi setidaknya siapkan daya 800- 1000 watt hanya untuk kolam renang.


Pikirkan Pasokan Air


Untuk mengisi kolam renang tidak sedikit air yang akan dipergunakan, jadi Anda wajib mempertimbangkan akan menggunakan air dari mana, apakah air tanah, PAM, atau air pegunungan yang didatangkan khusus. Untuk membuat pengisian kolam renang hanya sekali pengisian, Anda wajib mengetahui treatment perawatan air agar kolam renang tidak perlu diganti, cara treatmentnya seperti menjaga kebersihan, kadar klorin, pH dan lain sebagainya.


Gunakan Tenaga Profesional


Nah jika Anda sudah benar-benar ingin membuat kolam renang, ada baiknya gunakan tenaga profesional untuk mewujudkannya. Kolam renang membutuhkan seorang profesional yang mendesain dan membuat sirkulasi air dan filter air bekerja dengan baik, ini akan sangat penting untuk kedepannya agar air yang digunakan tidak cepat kotor. Penggunaan material juga perlu dipertimbangkan agar kolam renang lebih tahan lama dan sesuai dengan fungsinya. 

Apakah Anda berencana membuat kolam renang di rumah?  Percayakan pembuatan kolam renang Anda pada Raga Pool. Adalah jasa kontraktor kolam renang yang mengerjakan jasa pembuatan kolam renang, jasa renovasi kolam renang, hingga jasa perawatan kolam renang. Tentu, kami paling mengerti kebutuhan anda mulai dari desain yang selaras dengan lahan yang anda miliki.

Sebagai Jasa Kontraktor Kolam Renang Murah, biaya pembuatan kolam renang dari kami lebih realistis dan dapat disesuaikan dengan budget anda tanpa mengorbankan kualitas. Kami kontraktor kolam renang penuh tanggung jawab dari awal perencanaan hingga perawatan. Raga Pool bikin biaya pembuatan kolam renang makin terjangkau! Silakan berkonsultasi gratis kepada kami.

 

CV. Raga Pool Asia

Perum. Wisma Katang Blok B No 18,

Katang Sukorejo, Kecamatan Ngasem

Telp : 081230586662

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved