Tips Aman Mengendarai Mobil Bagi Pemula

Tanggal: 12 Mar 2021 15:52 wib.
Menyetir kendaraan roda empat seringkali menimbulkan kekhawatiran dan menurunnya rasa percaya diri. tak jarang ditemukan berbagai kasus kecelakaan hingga membawa korban jiwa akibat kelalaian pengemudi yang masih dalam tahap belajar mengendarai mobil. Di dalam berkendara dibutuhkan kewaspadaan serta kesabaran juga ketelitia. Selain itu juga diperlukan faktor kenyamanan dan ketenangan dalam mengemudi agar tdiak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika berada di jalanan. Berikut ini adalah tips aman belajar mengendarai mobil bagi pemula yang di antara adalah sebagai berikut :                                             


Pahami semua fungsi


Salah satu tips aman bagi pengendara pemula yaitu sangat penting dalam memahami fungsi dari setiap alat yang tersedia di kabin mobil. Perhatikan dengan baik-baik berbagai pedal yang terdapat pada bagian bawah, dimulai dari paling kanan pedal gas, kemudian rem serta pedal kopling bagi mobil dengan transmisi manual. Lalu di sisi kiri tempat duduk terdapat tuas transmisi dan rem tangan. Di mana tuas transmisi tersebut fungsinya untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sementara rem tangan dipergunakan pada saat parkir atau berhenti. Sesudah memahami mengenai semua pedal seutuhnya akan membuat anda lebih berhati-hati  pada saat menginjaknya. Kemudian pahami fungsi dari alat lain pada kabin seperti lampu sign, klakson dan berbagai fitur laiinya. Bila anda sudah mengenal semuanya dengan baik maka rasa grogi anda akan berkurang.


Pilihlah mobil yang tepat


Bila anda pemula maka sebaiknya memilih mobil dengan transmisi manual dahulu. Sebagai bentuk untuk berjaga-jaga serta melatih kemampuan sehingga ke depannya anda bisa menyetir mobil manual maupun mobil matic. Dalam langkah belajar menyetir anda bisa memilih mobil pick up karena jangkauan pandangan anda ke belakang lebih luas. Ketika anda sudah merasa lancar dalam mengendalikan maka anda bisa beralih ke mobil mewah lainnya. Bagi pemula yang menggunakan mobil transmisi matic sebaiknya lebih berhati-hati ketika menginjak pedal karena di sini anda cukup bermain gas dan rem saja.


Atur posisi yang nyaman


Langkah selanjutnya tetapi sangat penting adalah mengatur posisi duduk senyaman mungkin. Aturlah ketinggian jok agar jarang pandang luas serta tidak terhalang oleh dashboard. Sesuaikan jok dengan posisi kaki untuk menginjak pedal, jangan sampai terlalu jauh sehingga anda sulit untuk menjangkaunya. Perhatikan juga sandaran jok dan pastikan bila anda nyaman karena punggung adalah penopang utama pada saat menyetir mobil.


Kendarai secara perlahan


Setelah memahami fungsi dari setiap alat yang berada di kabin dan mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan tepat, kendarai mobil anda secara perlahan. Bersikaplah waspada serta teliti dengan berbagai fitur mobil yang dikendarai.


Kuasai teknik parkir yang tepat


Tips aman berikutnya bagi pemula yaitu menguasai teknik parkir yang tepat. Hal ini tentunya sesudah anda lihai dalam mengendarai mobil kemudian dilanjutkan dengan teknik parkir agar tidak mencelakai orang lain. Bila anda menggunakan mobil manual maka pertama injak kopling kemudian masukkan gigi satu atau gigi mundur sesuai dengan kebutuhan posisi parkir. Perhatikan arah secara seksama agar tidak berputar-putar pada satu tempat. kemudian turunkan rem tangan dan lepas pedal kopling secara perlahan sambil menginjak pedal gas. Sedangkan pada mobil matic, cukup menurunkan rem tangan dan masukkan gigi ke posisi D atau R sesuai kebutuhan posisi parkir lalu injak pedal gas dengan hati-hati.


Lebih fokus dan tetap tenang


Pastikan anda lebih fokus dan tetap tenang. Perhatikan bahwa pengguna fasilitas jalan tidak hanya anda saja, dengan lebih fokus dan bersikap tenang akan menghidnari terjadinya kecelakaan. Mengendalikan emosi dengan tenang bisa membuat fokus ketika mempelajari setiap tuas mobil. tetap bersikap tenang akan membuat anda lebih waspada dalam memindahkan gigi. Napas yang normal tanpa rasa gugup dan konsentrasi pun terjaga. Hidnari mengendarai mobil sambil bermain smartphone dan bercermin terlalu lama.


Sering menyetir mobil


Bagi pemula tentunya akan semakin ahli bila sering menyetir mobil. Agar lebih aman sebaiknya anda didampingi oleh profesional untuk berjaga-jaga katika berada di jalan. Pada saat anda memiliki waktu luang sempatkanlah untuk menyetir mobil di tempat seperti kampus, lapangan atau tempat lainnya yang luas dan sepi.


Siaga rem ketiga gas stabil


Pada beberapa kasus kecelakaan bisa terjadi ketika sudah merasa paham dnegan semua fitur pedal dan kemampuan menyetir. Pada saat sudah terlanjur menginjak gas dan menabrak biasanya membuat pengemudi pemula menjadi gugup dan tidak segera menginjak rem. Bila anda merasa mobil terlalu cepat, segera geser kaki dan menginjak rem serta membiarkan kaki kiri berada di pedal kopling. 


Tidak perlu menyetir berlebihan


Bagi pemula sebaiknya anda tidak menyetir mobil berlebihan hingga bisa menyebabkan merasa lelah. Ketika merasa letih maka sebaiknya anda beristuirahat terlebih bila anda berkutat dengan kemacetan kota. Tubuh yang tenang dan tidak lelah dapat mmengembalikan kefokusan anda dalam berkendara.

Itulah tips aman mengendarai mobil bagi pemula yang patut anda coba. Berhati-hatilah ketika berkendara demi keselamatan anda dan pengemudi lain serta pejalan kaki. Semoga bermanfaat ya, dan untuk yang mau mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi Artikel Garasi.id.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved