Tips Agar Uang Gaji tidak Habis Sia-sia

Tanggal: 26 Feb 2018 11:51 wib.
Tampang.com - Bagi para pekerja tentu tidak asing lagi saat menunggu gajian setiap bulannya. Pada umumnya karyawan swasta akan menerima gaji setiap tanggal 25 dan tanggal 1 untuk para pegawai negeri sipil (PNS).

Sebelum gaji diterima, banyak pekerja yang telah menyiapkan beberapa daftar barang kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan dan berencana membeli barang yang sedang diinginkan. Sering terjadi, orang akan langsung membelanjakan uang gajinya karena sudah lama menahan hasrat ingin berbelanja.

Namun tak sedikit pula orang yang tidak bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja sehingga uang gaji pun cepat terkuras. Lalu, bagaimana cara menyiasati uang gajian agar tidak cepat terkuras habis begitu saja dan dapat memberikan manfaat untuk masa depan?

                    

1. Buatlah jadwal khusus untuk berbelanja

Jadwal belanja ini dilakukan untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan serta berapa kisaran harganya. Cobalah untuk menerapkan aturan ketat mengenai pengeluaran agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih menghargai uang dan tentunya akan lebih hemat.

2. Jangan berbelanja saat perut dalam keadaan lapar

Saat perut lapar rasanya ingin membeli semua makanan yang terlihat oleh mata. Pastikan saat berbelanja perut sudah dalam keadaan kenyang untuk menghindari membeli makanan dan minuman yang justru akan menambah pengeluaran.

3. Belilah produk dalam kemasan besar

Membeli produk dalam kemasan yang besar justru akan menghemat pengeluaran walaupun memang harganya lebih mahal daripada produk dengan kemasan kecil. Alasannya yaitu penggunaan produk dalam kemasan besar akan lebih lama habis dan harganya pun lebih murah daripada harus membeli 2 kemasan kecil dengan jumlah isi yang sama.

4. Redamlah keinginan berbelanja yang tidak terbendung

Sebaiknya dahulukan kebutuhan prioritas, seperti membayar segala macam tagihan wajib setiap bulan dan pisahkan budget pengeluaran wajib bulan ini setelah itu sisanya bisa digunakan untuk memenuhi hasrat belanja.

5. Belanjalah di supermarket yang besar dan lengkap

Jika sudah siap dengan daftar belanja maka belilah kebutuhan tersebut di supermarket yang lengkap agar tidak perlu berpindah tempat untuk membeli barang yang tidak ada. Hal ini akan menghemat pengeluaran untuk transportasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved