Ternyata Makan di Depan Cermin Mampu Meningkatkan Rasa Makanan

Tanggal: 1 Jul 2017 10:09 wib.
Dilansir dari Telegraph.co.uk - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa makanan akan terasa lebih enak bila dimakan sembari melihat bayangan anda sendiri.

Klaim aneh itu berasal dari para peneliti di Universitas Nagoya di Jepang yang ingin lebih mengeksplorasi fenomena yang dikenal sebagai "the social facilitation of eating" yang menyangkut penemuan sebelumnya bahwa orang lebih menikmati makanan ketika mereka makan di perusahaan orang lain.

Untuk eksperimen mereka, para ilmuwan memutuskan untuk melihat apakah makan di depan cermin bisa menipu otak agar percaya bahwa ada orang lain, sehingga meningkatkan rasa dari makanan.

"Kami ingin mengetahui apa persyaratan minimum untuk memfasilitasi makan secara sosial," kata penulis utama studi Dr Ryuzaburo Nakata. "Apakah orang lain harus benar-benar hadir secara fisik, atau apakah ada informasi yang menunjukkan kehadiran orang lain cukup?"

Hasil percobaan, yang melibatkan 16 relawan, mengindikasikan bahwa duduk di depan cermin sebenarnya memang memperbaiki rasa makanan sebanyak 25%.

Tim percaya bahwa temuan tersebut dapat membantu orang tua yang kesepian dalam memakan makanannya.

"Studi telah menunjukkan bahwa untuk orang yang tua, menikmati makanan dikaitkan dengan kualitas hidup, dan sering makan sendiri dikaitkan dengan depresi dan kehilangan nafsu makan," tulis Dr Nakata.

"Temuan kami menyarankan pendekatan yang mungkin untuk meningkatkan daya tarik makanan, dan kualitas hidup, untuk orang tua yang tidak memiliki perusahaan saat mereka makan misalnya, mereka yang telah menderita kehilangan atau berada jauh dari orang yang mereka cintai."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved