Teknik Pernapasan Ini Bantu Kamu Cepat Tidur Saat Merasa Stres

Tanggal: 1 Sep 2017 23:06 wib.
Tampang.com - Untuk yang merasakan stress dan sedang banyak pikiran, kegiatan tidur menjadi salah satu beban tersendiri. Saat stress, kebanyakan orang merasa sulit untuk dapat tidur.

Jika kamu merasa sering mengalami hal ini, coba teknik pernapasan 4-7-8 ini, yang dikutip dari laman byrdie.com. Teknik apa itu?

Sederhananya, kamu hanya bernapas selama 4 detik, lalu menahannya selama 7 detik, terakhir kamu melepaskannya dalam 8 detik. Beberapa ahli menyatakan, teknik ini dapat memberikan efek terhadap otak dan memperlambat detak jantung, sehingga membuat tidur lebih nyaman.

Ketika kamu merasa stress, aliran darah dan detak jantung akan meningkat lebih dari biasanya. Teknik ini memaksa tubuh untuk memperlambat detak jantung kita, sehingga menjadi lebih nyaman.

Lalu, ketika stress, kita cenderung menahan napas bahkan hingga tidak bernapas tanpa sadar. Dengan menarik napas selama 4 detik, kamu memaksa tubuh untuk mengambil oksigen. Menahannya selama 7 detik berarti membiarkan oksigen tersebut mempengaruhi aliran darah, sedangkan melepaskannya selama 8 detik berarti mengeluarkan semua karbon dioksida dari paru-paru kamu.

Untuk para pemula, teknik ini pastinya akan membuat pusing pada awalnya, namun tetap terbukti dapat merilekskan hati, pikiran, dan keseluruhan sistem saraf pusat.

Teknik pernapasan ini telah lama menjadi bagian dari yoga, namun tidak begitu populer dalam budaya barat. Cara ini bisa diterapkan kapanpun, termasuk jika tiba-tiba terbangun di tengah malam dan mendapati diri sendiri memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dipikirkan.

Selamat Tidur dengan Nyenyak!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved