Tanda Seseorang Dewasa secara Mental dan Emosional Menurut Psikolog

Tanggal: 16 Jun 2024 17:01 wib.
Kematangan emosional memainkan peran penting dalam hidup seseorang, ini termasuk ketika mereka menjalin hubungan dengan seseorang atau menyelesaikan konflik yang ada. Untuk mengetahui seseorang berada di titik tersebut, apa saja tanda dewasa secara mental dan emosional yang dapat dikenali menurut para psikolog?

Tahukah Bunda? American Psychological Association (APA) mendefinisikan kematangan emosional sebagai tingkat pengendalian dan ekspresi emosi yang tinggi dan tepat. Orang yang matang secara emosional sadar, diri, peka terhadap emosinya, dan tahu bagaimana cara mengelolanya. Mereka terus-menerus melatih keterampilan emosional dan kognitif untuk membantu mereka mengatasi situasi stres atau buruk dan mencapai resolusi yang sukses terhadap tantangan hidup.

Berikut adalah beberapa tanda seseorang yang telah dewasa secara mental dan emosional yang bisa Bunda ketahui:

1. Memiliki Empati
Menjadi dewasa secara emosional berarti seseorang mampu mengalihkan fokus dari kebutuhan dan sudut pandang sendiri, dan fokus pada realistis emosi orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional mampu memiliki empati dan menunjukkan kasih sayang kepada orang lain, ungkap Lisa Lawless, Ph.D., seorang psikolog klinis. Menurutnya, pikiran dan perasaan mereka dapat diungkapkan dengan cara yang sehat dan konstruktif, memastikan bahwa mereka memperlakukan orang lain dengan hormat dan menuntut hal tersebut dari orang lain.

2. Mampu Mengenali Perasaan
Orang yang telah mengembangkan kematangan emosional mampu mengenali perasaan mereka sendiri. Selain itu, mereka juga memiliki pemahaman tentang apa yang memotivasinya untuk merasakan apa yang mereka rasakan. Inilah dasar untuk bisa mengelola perasaan dengan cara yang sehat. Perasaan seseorang dapat membantunya memahami mengapa mereka bereaksi seperti itu, alih-alih melampiaskan perasaannya secara tidak pantas atau menekannya.

3. Memiliki Pemikiran Terbuka dan Tidak Kaku
Ciri penting lainnya dari orang yang matang secara emosional adalah mereka memiliki pemikiran yang terbuka dan tidak kaku. Hidup pada dasarnya penuh dengan tantangan, dan orang yang matang secara emosional akan menanggapi tantangan hidup dengan pikiran terbuka dan kreatif.

4. Mampu Membentuk Hubungan yang Sehat
Tanda penting dari orang yang dewasa secara mental dan emosional adalah mampu menjaga hubungan sehat dan aman dengan orang lain. Hal ini sering kali lebih mudah diperoleh bagi orang yang telah mengembangkan hubungan sehat, jelas Sefora Janel Ray, seorang terapis pernikahan dan keluarga.

5. Bertanggungjawab
Orang yang dewasa secara mental dan emosional mempertimbangkan bagaimana dampak dari tindakannya pada orang lain dan akan mengambil tanggung jawab ketika tindakannya menyebabkan kerugian. Mereka dapat dengan mudah meminta maaf, mengambil tanggung jawab, dan mempertanggungjawabkan tindakannya dengan memahami dan menerima konsekuensinya.

6. Menetapkan Batasan yang Sehat
Mampu menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat menjadi landasan untuk menjadi dewasa secara emosional. Artinya, seseorang mampu menyatakan batasan emosional kepada diri sendiri dan orang lain, dan berpegang teguh pada batasan tersebut saat menghadapi konflik.

7. Bisa Menyelesaikan Konflik
Orang yang dewasa dalam hal ini akan berusaha menyelesaikan konflik, daripada memperpanjang keberadaannya, atau keluar dari masalah yang ada. Konflik adalah bagian normal dari kehidupan, namun yang terpenting adalah bagaimana mengatasinya.

8. Mampu Mengelola Stres dengan Cara yang Tepat
Stres dialami sebagian besar orang, namun masing-masing memiliki cara pengobatan yang berbeda. Orang yang matang secara emosional tidak akan berusaha menyingkirkan atau menghindarinya. Mereka akan belajar bagaimana mengelola stres dengan tepat.

9. Mendengarkan dan Menerima Sudut Pandang Lain
Salah satu cara untuk mengenali orang yang dewasa secara mental dan emosional adalah mereka mendengarkan orang lain. Hal ini karena mereka yang belum dewasa secara emosional dapat membuat orang lain harus berlomba-lomba untuk menyampaikan pendapat atau membahas topik tertentu.

10. Memperhatikan Cara Penyampaian Kata-kata kepada Orang Lain
Mereka sangat peka terhadap bagaimana perkataan mereka akan sampai ke orang lain. Sekalipun sedang marah atau kesal, mereka mungkin akan berpikir dua kali sebelum mengirim pesan yang panjang atau mengatakan hal pertama yang terlintas di benaknya saat sedang marah.

Menurut para psikolog, memahami tanda-tanda kematangan emosional sangat penting dalam hubungan interpersonal dan pengembangan diri. Memiliki kematangan emosional merupakan langkah penting dalam mencapai kebahagiaan dan keberhasilan dalam kehidupan.

Dengan memahami tanda-tanda seseorang dewasa secara mental dan emosional, diharapkan orang-orang dapat lebih memahami diri mereka sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperkuat kematangan emosional, baik bagi diri sendiri maupun orang lain, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved