Simak Jam Kerja Produktif di Berbagai Negara

Tanggal: 15 Nov 2017 16:56 wib.
Tampang.com - Orang selalu berpikir jam kerja produktif adalah yang dilakukan oleh jam kantor, kadang kita hanya mengetahui jam dimana kita mengerjkan pekerjaan kantor dari awal hingga pulang. Pola pikir kita telah terbiasa menerima nine to five sebagai jam kerja normal akan tetapi pengaplikasian jam kerja tentu saja berbeda-beda. Di beberapa negara juga mempunyai peraturan jam kerjanya masing-masing. Nggak ada salahnya untuk sekedar tahu berapa jam mereka habiskan waktunya untuk bekerja.

Negara Indonesia

Negara kita mengambil jam kerja selama kurang lebih 9 jam yang biasanya dimulai pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore termasuk waktu istirahat siang selama satu jam. Tapi pada kenyataannya jam pulang bisa saja mundur tergantung pekerjaan yang harus di selesaikan. 

Begitu juga dengan hari kerja ada yang 5 hari dalam seminggu bahkan ada 7 hari dalam seminggu. Ritme kerja tersebut sudah terbiasa bagi kita dan terkadang sepanjang hari kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Banyak hal yang bisa kita kerjakan secara produktif pada jam kerja tersebut, belum lagi jika kita diharuskan untuk kerja lembur karena pekerjaan yang menumpuk.

Negara Singapura

Negara yang satu ini hampir sama dengan Negara kita apa karena masih satu rumpun ya.

Negara ini memberlakukan 5 hari aktif kerja dalam satu minggu dengan kurang lebih 8 hingga 9 jam kerja setiap hari, apabila di total jam kerja mereka bisa mencapai 45 jam setiap minggunya.

Negara Thailand

Negara yang satu inipun tak beda jauh dari Indonesia dan Singapura.

Negara Inggris

Mempunyai peraturan jam kerja selama 48 jam per hari dengan 5 hari aktif kerja. Jika biasanya suatu negara hanya membatasi 12 hingga 15 hari libur bagi penduduknya, Inggris memberikan 28 hari libur dan sebagian besar negara-negara di Eropa memberikan hari libur yang cukup panjang.

Negara Perancis

Negara ini melarang untuk membahas pekerjaan setelah jam kerja usai dan pada waktu akhir pekan, diwajibkan juga untuk lepas dari urusan pekerjaan maksimal jam 5 sore. Hal ini dimaksudkan agar para pekerja di Perancis nggak mengalami tekanan berat karena bekerja. Perancis nemerapkan peraturan jam kerja 35 jam setiap minggunya.

Negara Swedia

Negara ini memang terkenal sebagai negara welfare state atau negara yang memperhatikan kebutuhan penduduknya dalam bidang apapun.

Jika dihitung negara ini mempunyai 30 jam efektif kerja selama satu minggu. Keputusan ini ternyata mempunyai maksud agar karyawan yang bekerja masih mempunyai energi untuk menyelesaikan aktivitas diluar jam kantor. 

New York

Jika kamu akrab dengan istilah nine to five maka itulah yang jam kerja yang berlaku di kota ini. Bekerja 8 jam perhari di kota yang besar, canggih, dan modern memang hal yang wajar, sebagai negara yang maju mereka juga memberikan fasilitas dan gaji yang menarik. Akan tetapi dalam jam kerja yang padat ini mereka mulai memperhatikan work-life balance.

Soo, guys sudah nggak penasaran akan jam efektif kerja, rata – rata dalam semua Negara mempunyai jam efktif kerja yang sama, yang membedakan adalah kesejahteraan para pekerja nya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved