Sesulit Itukah Menurunkan Berat Badan?

Tanggal: 14 Jul 2017 13:57 wib.
Tampang.com - Sebagian orang pastinya menginginkan tubuh yang ideal. Selain membuat badan lebih sehat, juga meningkatkan kepercayaan diri.

Meski mereka sudah diet, mereka merasa penurunan tidak terlalu signifikan.

Dilansir dari Lancet, jurnal kesehatan, para ahli mengemukakan bahwa hal ini karena orang yang cenderung gemuk memiliki sistem biologis yang sulit untuk menurunkan berat badan. Meskipun mampu turun, namun mudah sekali untuk naik kembali.

Banyak orang obesitas yang telah bisa menurunkan berat badannya selama beberapa bulan. Namun, sekitar 80 sampai 95 persen di antaranya malah mendapatkan berat badannya naik lagi.

Mengapa orang gemuk susah kurus? Karena pada saat mereka mengurangi asupan kalori untuk menurukan berat badan, yang ada tubuh mereka malah memicu sistem biologis untuk membutuhkan lebih banyak kalori lagi saat lapar.

Dr. Rachel Batterham, kepala Pusat Penanganan Obesitas di rumah sakit Universitas College London, mengatakan bahwa alasan orang gemuk susah kurus adalah karena sistem biologis tubuh mereka ingin kembali ke berat badan maksimal yang telah mereka capai.

Hal ini terjadi karena pada saat kamu mencapai berat maksimal tubuh, seluruh sistem biologis kamu berubah.

Jadi, benar adanya kalau mempertahankan berat badan tetap itu amat sangat sulit. Operasi penurunan berat badan terbilang efektif untuk mengatasi masalah obesitas.

Operasi ini terbukti efektif dalam mempertahankan penurunan berat badan jangka panjang. Sedangkan obat kurus atau pengobatan lainnya belum terbukti berhasil.

Sebetulnya bisa saja menurunkan berat badan dengan berolahraga dan diet.

Namun kenyataannya, malah lebih mudah menurunkan berat badan daripada mempertahankan berat badan jangka panjang bagi orang yang obesitas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved