Sering Dibohongi? Mulai Sekarang Gunakan Enam Tips ini untuk Menghadapinya!

Tanggal: 5 Sep 2017 21:02 wib.
Sering dibohongi oleh orang lain, sahabat, teman, kolega, suami atau istri? Dibohongi rasanya menyakitkan, terutama oleh orang yang dicintai.  Lantas bagaimana cara menghadapi orang yang suka berbohong pada kita?

Nah, Berikut ini adalah tips menghadapi pembohong dengan cara yang tepat. Berikut cara menghadapi seorang pembohong:

1. Menegur

Jika Anda cukup berani untuk menegur orang yang suka berbohong pada Anda, lakukan saja. Mungkin dengan bersikap frontal, pembohong tak akan mengulangi lagi kebiasaan buruknya. Menegur adalah cara paling sederhana yang dapat dilakukanagar si pembohong tidak mengulangi lagi perbuatannya, apalagi kalau kita sudah mempunyai bukti yang kuat bahwa dia berbohong.

2. Menyelidiki

Jika ingin memastikan kenapa pembohong mengucapkan hal yang tidak jujur, coba selidiki terlebih dahulu. Siapa tahu dibalik kebohongannya ada alasan yang disimpan. Supaya kita tidak berpikir negatif atau berprasangka buruk terhadap orang lain, alangkah lebih baiknya jika kita menyelidiki kebenaran seseorang berbohong atau tidak. Menyelidiki dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya menanyakan kebenaran dari pihak lain yang masih berhubungan atau mempunyai kaitan dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

3. Mengumpulkan bukti

Segala hal yang berkaitan dengan bukti kebohongan sebaiknya dikumpulkan. Sehingga ketika Anda menegur si pembohong, dia tidak akan punya kesempatan untuk mengelak. Mengumpulkan bukti adalah cara yang paling ampuh untuk menghentikan perbuatan seseorang yang suka berbohong. Dengan mengumpulkan bukti, si pembohong tidak akan bisa berkutik dengan apa yang telah dilakukannya.

4. Bicara baik-baik

Setidaknya ada dua cara untuk menangkap basah si pembohong. Pertama, Anda bisa menanyakannya langsung secara baik-baik. Tetapi jika cara ini tidak berhasil Anda dapat melakukan cara lain yang lebih keras agar dia mengakuinya. Bicara baik-baik adalah salah satu cara untuk meredam amarah, apalagi kalau kita sudah tahu bahwa dia berbohong kepada kita.

5. Menjebak

Coba jebak si pembohong dengan berbagai hal yang sebaiknya sudah direncanakan sebelumnya. Jika berhasil dan tertangkap basah, si pembohong tak bisa lagi menyangkal perbuatannya. Apabila kita mau mengetahui seseorang berbohong kepada kita, kita dapat menjebaknya dengan beberapa pertanyaan atau perbuatan yang berindikasi terungkapnya kebohongan yang dilakukan si pembohong.

6. Memaafkan atau tidak

Setelah si pembohong akhirnya mengaku dan minta maaf, kini keputusan kembali berada di tangan Anda. Apakah mau memaafkannya atau tidak?

Itulah enam tips untuk menghadapi seseorang yang selalu berbohong kepada Anda. Nah, kalo Anda gak suka dibohongi, maka jangan pernah bohongi orang juga ya guys! Kalo punya tips lain, boleh dong Anda tinggalkan komentar disini. (IS)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved