Segera Miliki Rumah Ala Jepang Dilengkapi dengan Teknologi Smart Home

Tanggal: 5 Feb 2024 19:30 wib.
Kesan hangat, lapang, tradisional tapi sederhana dan modern mungkin menjadi gambaran rumah minimalis ala Jepang. Rumah gaya Jepang ini juga semakin banyak digemari berkat tingginya pengaruh budaya dari film, dorama, anime, bahkan manga. Tapi apakah bisa diterapkan di Indonesia? bisa kok! Malah jadi salah satu desain yang keren seperti ulasan berikut

Berikut ini adalah beberapa ciri rumah minimalis Ala Jepang :

Penggunaan Elemen Kayu Yang Banyak 

Sentuhan natural di rumah gaya Jepang itu sangat kental. Biasanya tampak dari penambahan taman, halaman, dan jendela besar. Tapi salah satu yang menjadi nilai utama adalah penambahan elemen kayu. Warna material kayu dianggap sangat dominan. Bahkan tidak jarang menjadi material utama dalam bangunan. 

Untuk desain rumah Indonesia dengan konsep gaya Jepang, elemen natural ini bisa diterapkan pada banyak hal. Mulai dari furniture kayu, material bangunan, sampai pintu dan lemari. Penerapan ini juga bisa memberi aspek estetika dan sentuhan warna yang berkesan hangat di rumah. 

Pencahayaan Alami Yang Maksimal 

Pencahayaan alami bisa didapat dari penggunaan pintu dan jendela yang besar. Biasanya rumah gaya Jepang memiliki pintu atau jendela geser yang memberi pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik. Tidak sedikit pula yang menambahkan tirai berbahan tipis atau penggunaan skylight pada atap untuk mengatasi area lahan sempit. 

Tambahan Taman 

Desain rumah ala Jepang biasanya juga diikuti dengan area taman. Area taman ini bisa saja diterapkan di halaman depan, samping, atau belakang. Bahkan tidak sedikit yang memiliki ruang taman batu, rumput, plus kolam ikan. Apakah ide ini bisa diterapkan di rumah Indonesia? Tentunya bisa. 

Apalagi jika memiliki lahan dan konsep minimalis. Maka taman kecil pun bisa jadi jawabannya. Sebut saja penambahan taman kecil di depan dan belakang rumah. Taman ini bisa menjadi aspek estetika dan meningkatkan nilai jual rumah. Dalam segi fungsi, taman pun akan menjadi area hijau dan membantu sirkulasi udara. 

Adanya Genkan Atau Pintu Masuk Khas

Ciri khas arsitektur rumah Jepang adalah adanya Genkan. Genkan ini adalah area khusus di depan pintu masuk. Yang mana dianggap menjadi area transisi antara bagian luar rumah dan area dalam rumah. Apa yang membuatnya unik? Sebut saja ini adalah ruang dimana Anda melepas dan menyimpan sepatu dari luar. 

Menariknya, genkan ini masih dipertahankan bahkan untuk rumah ala Jepang modern. Baik itu rumah mungil atau besar, selalu ada genkan yang berisi rak atau tempat menyimpan sepatu, tempat payung, dan area yang sedikit lebih rendah dari lantai rumah bagian dalam. Genkan ini cocok untuk orang Indonesia yang punya budaya lepas alas kaki di dalam rumah. 

Konsep Minimalis (Warna, Furnitur, Dan Modelnya)

Sentuhan konsep minimalis di rumah Jepang sangat kental, terutama yang bergaya rumah tradisional. Yang biasanya dikenal adalah furnitur rendah untuk duduk di atas lantai tatami. Biasanya rumah modern masih menggunakan konsep sama, tapi dengan furnitur yang terbaru. 

Seperti penggunaan bantal duduk, warna minimalis sederhana, dan model interior yang dibuat simpel agar rumah tampak lapang. Salah satu ciri yang cukup menarik dari sisi minimalis adalah penggunaan warna palet natural, hangat, atau netral. Seperti warna kayu (coklat), abu abu, putih, dan hijau.  

Menurut Anda desain seperti apa yang cocok untuk di Indonesia? Konsep rumah ala Jepang minimalis modern adalah yang paling mudah untuk diterapkan. Biasanya pengaplikasiannya ada di aspek estetika warna kayu, pemilihan garis horizontal pada sebagian besar desain, furniture interior Jepang minimalis, dan dekorasi rumah yang sederhana. 



Desain tersebut akan cocok untuk area lahan rumah yang terbatas. Konsep atau desain yang berkaitan dengan budaya Jepang seperti genkan, tatami, dan furniture rendah pun cukup selaras dengan kebiasaan warga Indonesia yang suka duduk di lantai. Anda juga bisa mengenakan sandal rumah dan melepas alas kaki di genkan atau pintu masuk. Cukup mirip kan?

Kini sudah banyak developer perumahan dan bangunan yang siap menampung inspirasi rumah gaya Jepang. Jadi peluang untuk dapat rumah keren ala Jepang yang hangat dan minimalis pun cukup mudah. Salah satu rekomendasinya adalah Morizono yang merupakan bagian dari  Gardens at Candi Sawangan mempersembahkan Pengalaman Hidup Nuansa Jepang yang Sesungguhnya.

Nama ‘Morizono’ berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu ‘Mori’ (Hutan) dan ‘Zono’ (Taman).Perpaduan kedua kata tersebut merepresentasikan keinginan dari pengembang untuk menghadirkan hunian yang menciptakan harmoni diantara manusia dan alam.  Sebuah hunian yang tidak hanya nyaman secara fungsi, namun juga sempurna untuk setiap generasi.

Morizono mengusung konsep hunian Desain Rumah Jepang ini dikembangkan oleh kerjasama Sumitomo Forestry dan PT. Graha Perdana Indah. Untuk mendukung keamanan lingkungan, Morizono dilengkapi berbagai perangkat pendukung Smart home system. Smart home system diaplikasikan melalui Solar Panel, Smart Door Lock, CCTV Outdoor, Smoke Sensor, Alexa Voice Assistant, Smart Light Switch, Smart Doorbell, Smart CCTV Monitoring, Motion Sensor serta Smart Contact Sensor.

 

MARKETING GALLERY

Jl. Cinangka Raya, Bojongsari Sawangan Depok

WhatsApp : +62812-9360-6612

Email : marketing@gardens.id
Copyright © Tampang.com
All rights reserved