Saat Anda Ingin Berfoto dan Mengatakan “Peace!", Ternyata ini Berbahaya!

Tanggal: 7 Jan 2018 11:19 wib.
Tampang - Berfoto mungkin sudah menjadi hobi kids jaman now ya sobat. Datang ke suatu tempat kemudian yang dilakukan paling awal pasti berfoto dan mengunggahnya ke sosial media. Biar kekinian gitu sobat.



Banyak pose-pose foto yang bermunculan setelah muncul hobi selfie dan berfoto ini. Salah satunya adalah pose foto yang biasa dikenal dengan pose foto “peace”. Pose ini adalah pose dimana seseorang mengangkat dua jarinya yang dihadapkan ke kamera. Nah sobat, ternyata pose foto ini berbahaya juga loh untuk keselamatan Anda! Kenapa Ya?

Resiko Bocornya Informasi Lewat Gambar Sidik Jari

Peneliti dari Japan National Institute of Informatics (JNII) menemukan sebuah hubungan antara pose imut foto dengan mengangkat dua jari tersebut dengan resiko bocornya informasi lewat gambar sidik jari Anda. Wah harus lebih waspada ya sobat. Karena ketika kamu memperlihatkan jari-jari anda kea rah kamera, semua orang dapat dengan mudah mendapatkan gambar sidik jari Anda. Sebab pose yang biasa dikenal dengan sebutan “peace” ini sangat terlihat sekali mengekspos kedua jari Anda, sehingga sidik jari Anda dapat lebih mudah terlihat.

Mungkin Anda akan berpikiran “Ah tidak mungkin”. Namun pada faktanya, peneliti dari JNII telah menemukan bahwa menduplikat sidik jari dari foto yang berkualitas bagus dan biasa Anda unggah di sosial media. Apalagi kalau jarak jari Anda dari kamera kira-kira 3 meter, penduplikasian sidik jari Anda bisa dilakukan. Otak-otak yang memiliki pikiran jahat akan mudah menduplikasi sidik jari Anda, cukup dengan modal fokus serta pencahayaan yang mendukung maka sidik jari Anda akan berhasil diduplikasi.

Data Pribadi Dapat Disalahgunakan Oleh Pihak Yang Tidak Bertanggungjawab

Dengan mudahnya penduplikasian sidik jari Anda maka akan berakibat pada data pribadi yang Anda miliki. Bisa saja data pribadi Anda diambil kemudian disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab loh sobat. Untuk itu kurangi ya berfoto dengan pose “peace” yang mengangkan dua jari sambil dihadapkan ke kamera. Apalagi kalau Anda mengunggahnya ke sosial media dimana setiap orang bebas melihat dan menyimpan foto yang sudah diunggah oleh Anda.

Nah, jaman sekarang kan jaman canggih ya sobat. Sistem fingerprint lock sudah digunakan untuk gadget, sistem absensi, bahkan pengaman rumah sudah ada yang menggunakan sistem ini. Kalau sidik jari Anda terlacak dan terduplikasi oleh orang lain dengan mudahnya kan jadinya repot sobat.

Pose Ini Memang Lucu, Namun Jangan Relakan Data Pribadimu Dicuri Oleh Pihak Tak Bertanggungjawab



Sobat, pose ini memang pose foto yang lucu. Tampilan foto Anda akan terlihat lebih lucu dengan pose seperti ini. Namun, saat Anda sudah mengetahui temuan-temuan seperti yang disebutkan tadi, apakah Anda masih ingin berpose seprti ini dan mengunggah fotonya ke sosial media? Pikir-pikir lagi deh sobat.

So, lebih berhati-hati lagi ya sobat dalam berpose untuk foto. Masih banyak kok pose foto yang terlihat lucu dan imut, tidak harus dengan pose foto “peace” saja. Tetaplah eksis dengan memperhatikan keamanan diri Anda juga ya sobat. Semoga Bermanfaat! [Nsw/Red]
Copyright © Tampang.com
All rights reserved