Resep Masker Alami yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Tanggal: 28 Jan 2023 15:33 wib.
Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh setiap wanita. Penyebab utama munculnya jerawat adalah penumpukan minyak dan pori-pori yang tersumbat, namun produksi minyak berlebih dan peradangan dapat memperparah kondisi kulit. 

Kondisi  jerawat dapat mempengaruhi sebanyak 85 persen orang yang berusia 12 hingga 24 tahun. Kondisi ini dapat menjadi makin parah jika disertai dengan papula, komedo, dan kemerahan pada kulit yang dapat meninggalkan bekas apabila tidak ditangani.

Saat ini telah banyak brand perawatan kulit yang menyediakan obat untuk mengobati jerawat. Namun, ada cara sederhana dan alami untuk membasmi jerawat di wajah yaitu dengan menggunakan masker alami khusus jerawat. Masker alami khusus jerawat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan menyeimbangkan produksi minyak yang berlebih.

Berikut ini beberapa resep masker alami yang cocok untuk kulit berjerawat :

Masker kunyit dan madu

Campuran masker kunyit dan madu dapat mencegah munculnya jerawat. Hal ini terjadi karena kunyit dapat berubah menjadi pasta, sedangkan madu merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan yang juga antibakteri dan antimikroba alami dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mencegah berjerawat di kemudian hari.

Bahan yang dibutuhkan :


½ sendok teh kunyit 
1 sendok makan madu 


Cara penggunaan :

1.Campurkan ½ sendoh teh dengan 1 sendok makan madu ke dalam mangkok
2.Aduk hingga tercampur
3.Oleskan masker ke wajah secara merata
4.Biarkan masker selama 10-15 menit
5.Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan tisu atau handuk bersih.

Masker lidah buaya dan kunyit atau teh hijau

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang memiliki asam salisilat dan belerang alami, sehingga dapat menjadi musuh dari jerawat yang meradang terutama bagi Sahabat Fimela yang memiliki jenis kulit berminyak. Di sisi lain, lidah buaya  juga dapat bekerja dari dalam ke luar sehingga mengobati masalah kulit jerawat yang menimpa kamu.

Campuran kunyit atau teh hijau dalam masker dapat membantu mengontrol minyak berlebih dan sensitivitas kulit, sehingga masker ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang ingin menyembuhkan wajah dari masalah jerawat.

Bahan yang dibutuhkan :


Lidah buaya
Kunyit atau teh hijau
Mangkok


Cara penggunaan :

1.Campurkan lidah buaya dengan kunyit atau teh hijau
2.Aduk hingga seluruh bahan tercampur
3.Oleskan masker ke wajah secara merata
4.Biarkan selama 15-20 menit
5.Bilas dengan air mengalir

Masker alpukat, lemon, dan madu

Alpukat dikenal sebagai buah yang dapat merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi sel kulit. Sarat dengan lemak hidrasi yang terkandung dalam alpukat juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu pori-pori yang tersumbat. Campuran madu dalam masker ini dapat menjadi antibakteri, sementara lemon dapat mencerahkan area yang diobati.

Bahan yang dibutuhkan :


Alpukat
Madu
Lemon


Cara penggunaan :

1.Hancurkan alpukat hingga halus
2.Campurkan alpukat tersebut dengan madu dan lemon yang telah diperas
3.Aduk hingga rata
4.Oleskan masker ke wajah atau area yang rentan jerawat
5.Biarkan masker menyerap selama 5-10 menit
6.Bilas menggunakan air hangat 

Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif dapat menggunakan lemon secara sedikit atau tidak menggunakannya sama sekali. Lemon memiliki sifat mencerahkan, namun dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif. Oleh karena itu, para dermatologis menyarankan untuk menggunakan makser campuran lemon ini pada malam hari.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved